Warga Kesulitan Dapatkan Gas 3 Kg

   •    Minggu, 27 Sep 2015 16:14 WIB
gas elpiji
Warga Kesulitan Dapatkan Gas 3 Kg
illustrasi. ANT/Andreas Fitri Atmoko

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Warga di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kesulitan untuk memperoleh gas bersubsidi atau ukuran 3 kilogram (kg) pasca Lebaran Idul Adha 1436 Hijriyah.

"Saya sudah berkeliling dan mendatangi setiap toko untuk mendapatkan gas ukuran 3 kg namun tidak berhasil, hanya gas nonsubsidi yang tersedia oleh pedagang eceran," kata seorang warga, Yuli di Pangkalpinang sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (27/9/2015).

Ia mengatakan, rata-rata pedagang eceran menjual gas isi ulang ukuran 3 kg dengan harga Rp19.000 per tabung, sedangkan harga isi ulang gas ukuran 12 kg Rp140.000 per tabung.

"Disetiap toko pedagang gas eceran hanya ada gas ukuran 12 kg yang harganya jauh lebih mahal dibanding harga gas ukuran 3 kg," ujarnya.

Menurut dia, banyak warga yang mencari gas ukuran tersebut pascaLebaran karena dua hari setelah perayaan Lebaran toko-toko masih banyak yang tutup.

"Sepertinya hari ini toko sudah banyak yang buka namun tetap saja persediaan gas itu tidak dapat memenuhi permintaan warga yang semakin meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Tono seorang pedagang gas eceran mengakui jika stok gas subsidi sudah habis dan belum bisa ditambah karena agen ataupun distributor gas belum melakukan aktivitas seperti biasanya.

Menurut dia, sepertinya para agen ataupun distributor masih merayakan Lebaran Idul Adha sehingga pedagang eceran belum bisa menambah stok.

"Warga banyak yang beralih menggunakan gas subsidi karena harga lebih terjangkau. Kemungkinan gas tersebut akan datang dua hari lagi," ujarnya.



(SAW)