Tips Knowledge

Mobil Kena Banjir? Tidak Termasuk Warranty Dealer

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 14 Nov 2015 09:09 WIB
tips mobil
Mobil Kena Banjir? Tidak Termasuk <i>Warranty Dealer</i>
Mobil yang rusak akibat banjir ternyata tidak termasuk garansi dari dealer. Antara/Vitalis

Metrotvnews.com, Jakarta: Banjir merupakan salah satu bencana yang kerap melanda Kota Jakarta. Tentu saja banjir yang datang akan mengakibatkan banyak kerugian, termasuk kerusakan pada mobil kesayangan.

Usman Adie, Marcomm General Manager PT Tunas Ridean selaku induk perusahaan dari dealer Tunas Toyota, menjelaskan kerusakan mobil akibat bencana banjir atau kecelakaan tidak termasuk warranty dari dealer. Sehingga apabila mobil rusak karena hal tersebut maka dealer tidak akan mengganti kerusakan tersebut.

"Kalau warranty dari dealer, banjir tidak masuk. Jadi kalau mobil rusak kena banjir tidak bisa klaim warranty dealer. Dealer hanya menganti kerusakan yang terjadi secara teknis," jelas Usman Adie di Jakarta.

Untuk mengatasi masalah tersebut, setiap pembelian mobil baru biasanya akan disertakan dengan asuransi tambahan. Pembelian mobil secara kredit, maka kurang lebih akan terlindungi asuransi selama cicilan mobil berlangsung. Sedangkan jika mobil dibeli secara tunai, maka sales mobil akan menawarkan biaya tambahan untuk asuransi, meski tawaran tersebut tidak bersifat mengikat atau memaksa konsumen untuk ikut asuransi.

"Kalau mobil kena banjir tidak akan kembali dalam kondisi 100 persen meski sudah diperbaiki. Kemudian harga jual pun pasti akan turun jauh jika pernah terkena banjir. Jadi kalau ikut asuransi, nilai material yang dihemat berapa banyak," tutup Usman.


(UDA)