Tips Mobil

Jangan Asal Terobos Banjir, Perhatikan Ketinggian Air

Ekawan Raharja    •    Senin, 09 Nov 2015 13:29 WIB
tips mobil
Jangan Asal Terobos Banjir, Perhatikan Ketinggian Air
Kondisi banjir harus diperhatikan sebelum melintas agar tidak menyusahkan pengemudi kelak. ANTARA

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim penghujan sudah mulai datang. Akhir pekan lalu, DKI Jakarta yang baru diguyur hujan satu jam saja, sudah membanjiri beberapa jalan underpass di beberapa titik. Tentunya penting untuk tak menerobos begitu saja, jika tak ingin kendaraan kesayangan jadi korban.

Dalam kondisi jalur terendam air tersebut, tak jarang juga pengemudi tetap nekat menerobos. Padahal mereka tak tahu persis ketinggian air.

Darlan Nuryandi, Ketua Umum AvanzaXenia Club Indonesia menjelaskan beberapa waktu lalu, bahwa sebaiknya hindari jalur yang terendam air. Namun kalau sudah terpaksa, pastikan untuk tidak melewati batas tertentu.

"Mobil itu dibuat bukan untuk di jalan yang terendam air. Tapi kalau nekat juga ingin melintas di jalanan banjir, itu jadi pilihan. Namun batas banjir sendiri jangan sampai melebihi karet ban," terang pria yang akrab disapa Andi itu.

Dia menambahkan bahwa tak melewati batas ban pun mobil tetap rentan kena masalah dalam waktu jangka panjang. Komponen yang biasanya mendapat imbas dari hal sepele itu adalah rem tidak bekerja maksimal atau kerusakan pada bagian pelek.

Kemudian sebelum melintas, alangkah lebih baik untuk memerika gelombang pada banjir. Jangan sampai gelombang air pada banjir yang tinggi membuat mobil mati karena mesin kemasukan air. 


(UDA)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA