Basarnar Sejajar dengan SAR Negara Maju

Tri Kurniawan    •    Senin, 28 Sep 2015 08:00 WIB
Basarnar Sejajar dengan SAR Negara Maju
F.H.B. Soelistyo (kanan bawah) menuju barisan personel Basarnas di lapangan Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Sabtu 28 Februari 2015. Antara Foto/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Badan SAR Nasional salah satu badan SAR terbaik di dunia. Kepala Basarnas Marsekal Madya F.H.B Soelistyo mengatakan itu berdasarkan uraian peringkat kapabilitas badan SAR seluruh dunia.

"Basarnas dinilai sebagai salah satu terbaik di dunia, dengan peringkat nilai di atas 90, sejajar dengan badan SAR milik negara-negara maju seperti Kanada, Amerika, dan Tiongkok," kata Bambang di Yogyakarta, Senin (28/9/2015).

Menurut Bambang uraian peringkat kapabilitas badan SAR seluruh dunia dipaparkan dalam pertemuan SAR tingkat Asia Pasifik 2015 di Australia. "Sementara untuk negara-negara di Asia seperti Singapura dan Malaysia, Basarnas masih di atasnya," kata dia.

Menurut Bambang, poin penting yang mempengaruhi tingginya prestasi Basarnas tidak terlepas dari kinerja Tim SAR mengevakuasi pesawat AirAsia Indonesia QZ8501 dan korban pesawat Trigana Air yang jatuh di Papua. "Dua peristiwa itu menjadi sorotan penting."


Personel Basarnas mengangkat peti berisi jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 di Lanud TNI AU Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Selasa 17 Maret 2015. Antara Foto/Yudha Manx

Negara-negara yang hadir dalam pertemuan itu, kata dia, ingin menggali lebih jauh mengenai rahasia pengelolaan tim serta manajemen persiapan Basarnas dalam menghadapi setiap operasi besar.

"Mereka juga ingin tahu bagaimana Basarnas menghadapi media dan keluarga korban yang dinilai sulit oleh banyak negara," kata Soelistyo.

Menjadi salah satu terbaik di dunia sangat membantu Indonesia memperoleh kepercayaan negara lain dalam mewujudkan berbagai program besar seperti misi pembangunan poros maritim. "Karena itu menyangkut nilai kepercayaan, khususnya jaminan keselamatan." ujarnya. (Antara)
(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA