Pekanbaru Dorong Perluasan Pertanian Jagung

   •    Senin, 28 Sep 2015 10:09 WIB
jagung
Pekanbaru Dorong Perluasan Pertanian Jagung
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada 2015 memberikan bantuan bibit dan pupuk untuk lahan 100 hektare (ha) guna mendorong perluasan lahan pertanian jagung dan ubi kayu di wilayah setempat.

"Targetnya masing-masing tanaman jagung dan ubi kayu akan bertambah luasan lahannya 50 hektare tahun ini. Demi mewujudkan program nasional dalam peningkatan usaha padi dan palawija," ungkap Kadistanak Pekanbaru El Syabrina, seperti dikutip Antara, di Pekanbaru, Senin (28/9/2015).

Ia menyebutkan dana yang akan digunakan bagi pengadaan bibit dan pupuk berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2015 Pekanbaru. Pelaksanaannya kini tinggal menunggu pencairan dana APBD-P.

Pihaknya sudah mulai melakukan pendataan dan sosialisasi kepada kelompok petani jagung dan ubi kayu di kecamatan sebagai penerima bantuan. Prinsipnya, bantuan itu berupa bibit dan pupuk bagi pengembangan lahan baru yang menjadi unggulan Pekanbaru.

"Karena kita tidak miliki lahan untuk tanaman padi, maka yang ada yakni jagung dan ubi kayu akan dibantu pengembangannya," ujarnya.

Ia menjelaskan kelompok tani penerima bantuan adalah mereka yang memiliki lahan lagi untuk digarap di luar yang sudah ada. Hal itu artinya bantuan tersebut untuk perluasan lahan baru, bukan yang sudah ada selama ini.

"Jadi target kami dalam program ini akan ada penambahan lahan jagung dan ubi kayu yang baru selain yang sudah ada masing-masing 50 hektare," pungkasnya. 


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA