Paus Fransiskus Akhiri Tur AS

Willy Haryono    •    Senin, 28 Sep 2015 11:32 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Akhiri Tur AS
Paus Fransiskus melambaikan tangan saat hendak bertolak meninggalkan Philadelphia, AS, Minggu (27/9/2015). (Foto: AFP / NICHOLAS KAMM)

Metrotvnews.com, Philadelphia: Paus Fransiskus mengakhiri tur di Amerika Serikat lewat misa di area terbuka di Philadelphia, AS, Minggu (27/9/2015). 

Setelah berkeliling kota dengan mobil popemobile, Fransiskus menyapa 1,5 juta orang yang bersorak-sorai ingin melihat orang nomor satu di Vatikan itu. 

Beberapa bayi dan anak disabilitas diberikan kesempatan untuk mendapat sebuah kecupan dari Fransiskus. 

"Tantangan mendesak untuk melindungi lingkungan kita adalah menyatukan seluruh keluarga manusia dalam mengejar perkembangan yang berkelanjutan," ucap Fransiskus, seperti dikutip AFP

Misa di area terbuka ini dipimpin Fransiskus dari luar area Museum Seni Philadelphia. Beberapa orang mengaku sengaja datang dari jauh untuk menghadiri misa penutup ini. 

"Ini adalah kesempatan sekali seumur hidup," ujar Julian, yang datang dari Rhode Island. "Ini dapat menjadi cerita untuk anak-anak, cucu saya, suatu hari nanti."

Fransiskus sempat berdialog dengan Presiden Barack Obamd di Gedung Putih. Obama memuji Fransiskus sebagai tokoh bermoral yang dapat diterima seluruh lapisan masyarakat. 

"Saya yakin keceriaan dalam kunjungan Anda pasti bukan karena titel Anda sebagai Paus, tapi juga kualitas unik sebagai seorang individu," tutur Obama, yang memuji kesederhaan dan kemurahan Fransiskus. 

Menggunakan Bahasa Inggris dengan sempurna, Fransiskus mengaku senang atas sambutan hangat yang diterimanya. 

"Sebagai anak dari keluarga imigran, saya senang bisa menjadi tamu di negara ini, yang dibangun oleh banyak keluarga seperti itu," kata Fransiskus, seperti dilansir AFP. 

Obama dan Fransiskus saling bertukar pandangan mengenai beragam hal, mulai dari masalah politik hingga kemanusiaan. 



(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA