Tingkatkan Daya Saing, Mendag Luncurkan AEC Center

Husen Miftahudin    •    Senin, 28 Sep 2015 13:33 WIB
mea 2015
Tingkatkan Daya Saing, Mendag Luncurkan AEC Center
Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong saat peluncuran AEC Center (MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong meluncurkan ASEAN Economic Community (AEC) Center. AEC Center ini merupakan upaya Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mensosialisasikan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan peluang pasar kepada pemerintah daerah, pelaku bisnis, akademisi dan masyarakat secara umum.

Menurutnya, dalam dunia usaha, pasti ada risiko yang harus dihadapi. Meski begitu, risiko tersebut dapat diminimalisasi dengan informasi peluang dan tantangan dari AEC Center ini. Sehingga nantinya, industri dan Usaha Kecil Menengah (UKM) nasional dapat meningkat seiring perkembangan perekonomian global saat ini.

"Saya bukan mengatakan bahwa ini semua akan mulus dan tanpa risiko, memang ancaman risiko itu ada. Saya melihat ini menjadi satu sarana yang sangat penting untuk mengkomunikasikan kepada media, semua pelaku usaha dan masyarakat dan publik sehingga nantinya dapat meningkatkan daya saing," ujar Tom, di Kemendag, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Internasional (KPI) Bachrul Chairi menjelaskan, AEC Center dibentuk dengan misi untuk memberikan konsultasi perdagangan dan jasa, edukasi publik tentang perkembangan dan peluang MEA, serta pelayanan advokasi bagi para pelaku usaha untuk pasar ASEAN.

"Tujuannya agar pelaku usaha dapat meningkatkan daya saing dan juga mampu meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN maupun ke mitra dagang ASEAN," papar dia.

Selain itu, AEC Center juga akan memberikan coaching clinics kepada pelaku usaha tentang peluang ekspor produk-produk unggulan dan produk potensial, serta informasi yang lengkap mengenai semua prosedur kegiatan ekspor ke pasar ASEAN dan semua mitra dagang ASEAN. Dengan demikian, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan ekspor ke pasar ASEAN maupun pasar global.

"AEC Center diharapkan bisa menjadi portal semua informasi yang berkaitan dengan MEA. Masyarakat dan para pemangku kepentingan, serta pelaku usaha dapat memanfaatkan AEC Center dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan segala informasi terkait MEA," pungkas Bachrul.



(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA