Test Ride

All New CB150R Streetfire, Tangguh Diajak Pelesiran di Ragam Kondisi

Ahmad Garuda    •    Senin, 28 Sep 2015 14:44 WIB
honda motor
All New CB150R Streetfire, Tangguh Diajak Pelesiran di Ragam Kondisi
Tim Metrotvnews.com mendapatkan kesempatan untuk menajajal kemampuan Honda CB150R Streetfire. DAM

Metrotvnews.com, Bandung: Kesempatan khusus yang diberikan oleh PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku dealer utama sepeda motor Honda di Jawa Barat untuk menjajal All New CB150R Streetfire, jadi momen besar bagi tim Metrotvnews.com untuk menguji performa motor tipe sport 150 cc itu.

Terlebih setelah melihat jalur yang disajikan saat perjalanan dari Bandung menuju ke Pangandaran, menempuh jalur yang tidak biasa. Terdapat jalur kondisi macet perkotaan di Jalan Cibeureum, Bandung, kemudian jalur berkelok di Nagreg hingga jalan trek bergelombang dan jalan mulus. 

"Kami memang sengaja memilih jalur yang sedikit ekstrim dari yang biasanya. Tujuannya untuk memberikan impresi lebih nyata pada performa All New CB150R ini," ujar Lerri Gunawan, GM Sales, Marketing dan Logistic PT DAM. 


Performa
Berbicara tentang performa, mesin 149,16 cc yang digendongnya, mampu memberikan impresi mendalam. Memang awalnya terasa cukup membosankan jika digunakan pada trek lurus dan kondisi kemacetan. Lantaran rasio nafas antar gir, terasa pendek. Namun ketika digeber dengan metode fast shifting, baru terasa tenaga buas yang mampu dimuntahkan motor tersebut.

Kami memang tidak sempat menguji power hingga 12,4 kW atau sebesar 16,9 daya kuda yang diklaim pihak pabrikan. Namun merasakan torsinya melalui transmisi 6-speed sebesar 13,8 Nm, membuat jalan tanjakan dan jalan berliku dengan mudah dilalui. 

Jika dibandingkan dengan New Yamaha V-Ixion, New CB150R ini memiliki keunggulan di tenaga maksimal. Sementara New V-Ixion menawarkan torsi yang lebih besar yaitu 14,5 Nm pada 7.500 RPM. Meski demikian, teknologi mesinnya sudah mengaplikasi standar Euro 3, sehingga lebih ramah lingkungan.


Handling dan Kenyamanan
Di sisi handling, tentunya tak usah diragukan lagi. Lantaran motor tipe naked sport memang selalu menawarkan handling yang mantap. Bukan hanya pada kondisi jalan mulus, namun juga pada kondisi jalan bergelombang dan rusak. Long fork-nya sudah menjadi jaminan untuk membuat lengan pengendara tak pegal meredam getar bagian depan.

Untuk riding position, optimasinya memang untuk pengendara dengan tinggi badan minimal 163 cm. Sehingga untuk pengendara dengan tinggi badan di bawah itu, harus membiasakan diri dengan riding position yang masih rada menunduk agar tak cepat lelah. 

Hal lain yang membuatnya nyaman dikendarai adalah karena konfigurasi dimensinya yang lebih besar 2.019 x 719 x 1.039 mm. Lebih besar, maka akan lebih stabil saat dikendarai. Namun tidak ada perubahan pada rangka diamond truss frame yang diaplikasikan Honda. Kemudian lebar profil roda juga bertambah dengan ukurang ban depan 100/80-17 52P dan ban belakang 130/70-17 62P.


Ragam Fitur Menarik

Era digitalisasi memang menawarkan kemudahan, termasuk dalam hal pembacaan fitur-fitur pada kendaraan bermotor. Di New CB150R Streetfire, itu terlihat pada panel spidometernya. Dengan tampilan full digital, membuat pengendara lebih nyaman dalam membaca RPM, kecepatan, jarak tempuh, konsumsi rata-rata bahan bakar hingga engine check lamp. 

Fitur lain yang membuatnya lebih nyaman adalah New Auto Secure Key Shutter, membuat pengendara lebih aman saat meninggalkan kendaraan kendaraannya. Sementara untuk urusan pencahayaan, juga lebih nyaman karena mengaplikasi lampu LED dengan cahaya yang lebih terang, berwarna putih namun tetap hemat energi.

All New Honda CB150R Streetfire hadir dengan tiga warna pilihan yaitu warna Quantum Red, Macho black dan Rapid White. Untuk harganya dipatok Rp 25.400.000 on the road Jakarta.


(UDA)