Polda Yogya Fokuskan Layanan pada Difabel

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 28 Sep 2015 14:50 WIB
penyandang disabilitas
Polda Yogya Fokuskan Layanan pada Difabel
Penandatanganan Kesepakatan bersama tentang Penyelenggaraan Layanan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Bagi Disabilitas di Yogyakarta, di Mapolda DIY. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kepolisian Daerah (Polda) Yogyakarta berkomitmen memberikan pelayanan terhadap para penyandang difabel. Pasalnya, selama ini masih banyak kebutuhan dalam beraktivitas para difabel yang belum terakomodasi.

Kepala Polda Yogyakarta, Brigjen Pol Erwin Triwanto mengatakan instansinya akan mengupayakan langkah konkret yang kemudian di instruksikan kepada seluruh Polres di Yogyakarta. Hal tersebut akan dimulai dengan membuat sebuah pedoman kerja untuk memberikan pelayanan.

"Harapannya, penyandang difabel mendapat perlakuan yang sama dan pelayanan secara maksimal," kata Erwin selepas acara Sosialisasi dan Penandatanganan Kesepakatan bersama tentang Penyelenggaraan Layanan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Bagi Disabilitas di Yogyakarta, di Mapolda, Senin (28/9/2015).

Menurutnya, langkah kerja sama kepolisian dengan penyandang difabel menjadi yang pertama di Indonesia. "Kami ingin memberikan perlindungan kepada masyarakat tanpa pilih kasih. Seyogianya, kerja sama ini bukan hanya di Yogyakarta, tapi juga di Indonesia," cetusnya.

Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Yogyakarta, Kombes Cahyo Budi Siswato tak menampik jika pelayanan terhadap difabel belum semua terakomodasi. Baginya, keputusan itu sebagai tindak lanjut dari UU Kepolisian, Konvensi PBB tentang disabilitas, dan Perda Yogyakarta Tahun 2012 tentang Disabilitas.

"Beberapa hal, pelayanan untuk difabel belum terakomodasi, seperti pelayanan SIM," ungkapnya.

Ia menambahkan, dua hal penting yang akan diutamakan dalam pelayanan yakni bidang hukum dan lalu lintas. "Harapannya hal ini bisa tersosialisasi kepada masyarakat sehingga pelayanan terhadap difabel di DIY bisa terpenuhi," pungkasnya.


(SAN)