Ilmuwan Temukan Penggalan Kepala Berusia 9.000 Tahun

Willy Haryono    •    Senin, 28 Sep 2015 15:04 WIB
peristiwa unik
Ilmuwan Temukan Penggalan Kepala Berusia 9.000 Tahun
Penggalan kepala yang ditemukan di Brasil diperkirakan berusia 9000 tahun. (Foto: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology)

Metrotvnews.com, Lapa do Santo: Temuan ini mungkin dapat menjadi bukti kasus pemenggalan kepala manusia untuk yang pertama kalinya dalam sejarah. 

Penggalan tengkorak kepala yang diperkirakan berusia 9000 tahun itu diekskavasi Andre Strauss dari Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusi di area Lapa de Santo, di wilayah timur laut Brasil. Terdapat tanda-tanda kekerasan dalam penggalan kepala ini. 

Strauss mengkonsultasikan temuannya dengan profesor Sue Black dari Universitas Pusat Dundee untuk Anatomi dan Identifikasi Manusia. Temuan itu dibandingkan dengan kasus pemenggalan kepala di era modern. 

Dari kedua tengkorak terlihat ada luka serupa di bagian leher, yang mengindikasikan keduanya dipenggal dari tubuh. 

Mereka mengidentifikasi kerusakan yang mirip dengan leher dan kerusakan menunjukkan bahwa kedua temuan telah dipisahkan secara manual untuk menyelesaikan pekerjaan.

"Saat meneliti tengkorak ini, kami melihat patahan tulang yang konsisten dengan sambungan keras di kepala dan sekelilingnya," ujar Black, seperti dilansir Mirror.co.uk, Minggu (27/9/2015).

"Terdapat juga luka potongan. Patahan di tulang leher menunjukkan adanya kekerasan di wilayah tersebut," sambung dia.

Alasan adanya pemenggalan pada 9000 tahun silam di Brasil belum diketahui, dan menimbulkan pertanyaan mengenai masyarakat seperti apa yang hidup pada zaman itu. Orang-orang yang menghuni daerah timur laut Brasil pada era itu adalah komunitas pemburu yang memiliki beberapa alat berburu. 

Ada dugaan kepala manusia ini dipenggal dari jasadnya sebagai bagian dari upacara religius. (Nabila Gita)


(WIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA