Putin dan Obama akan 'Bertarung' di Gedung PBB

Willy Haryono    •    Senin, 28 Sep 2015 16:21 WIB
pbb
Putin dan Obama akan 'Bertarung' di Gedung PBB
Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan APEC di Beijing, Tiongkok, 11 November 2014. (Foto: AFP / ALEXEY DRUZHININ / KREMLIN POOL)

Metrotvnews.com, New York: Presiden Rusia Vladimir Putin akan 'bertarung' dengan rival besarnya Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam Sidang Umum PBB di New York, Senin (28/9/2015). 

Putin dan Obama masing-masing akan berpidato di Sidang Umum PBB, dan juga akan bertemu secara resmi untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir. 

Seperti dikutip AFP, topik yang diperkirakan akan diangkat Putin dan Obama adalah mengenai konflik Suriah. Belum lama ini, Putin menyarankan agar dibentuk semacam koalisi baru melawan kelompok militan Islamic State (ISIS) dengan melibatkan pasukan Suriah. 

Sementara selama ini AS menghantam ISIS di Suriah via serangan udara, dan menolak bekerja sama dengan pasukan loyalis Presiden Bashar al-Assad. AS justru membantu pemberontak Suriah, dan juga melatih mereka, untuk menghadapi ISIS. 

Menurut Putin, dukungan AS terhadap pemberontak Suriah adalah hal ilegal. Ia menegaskan Assad sudah melakukan hal benar dengan mengerahkan pasukannya melawan ISIS. Dukungan Putin terhadap Assad ditunjukkan dengan semakin banyaknya personel militer Rusia di Suriah.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengaku tidak mengetahui jika kehadiran militer Rusia di Suriah adalah untuk melawan ISIS. Ia berpendapat seharusnya segala upaya melawan ISIS harus terlebih dahulu dikoordinasikan.


(WIL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

24 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA