Murid SD Meninggal, Kadisdik DKI: Tanggung Jawab Semua

Intan fauzi    •    Senin, 28 Sep 2015 17:08 WIB
siswa sd tewas
Murid SD Meninggal, Kadisdik DKI: Tanggung Jawab Semua
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman. (Foto: MTVN/Intan Fauzi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memberikan sanksi kepada sekolah, kepala sekolah, dan guru yang terbukti lalai hingga ada murid sekolah dasar meninggal dipukul kawannya. Namun, semua pihak harus bertanggung jawab atas kejadian itu.
 
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman mengatakan, yang melakukan kelalaian bukan hanya sekolah, tetapi juga orang tua dan media. Media hiburan dituding sering tak menyaring informasi-informasi yang tak seharusnya dikonsumsi anak-anak.
 
"Ini kan insiden, kalau dicari siapa yang tanggung jawab, saya pikir semua harus tanggung jawab. Kita harus objektif. Tapi pasti ada sanksi, karena sudah kita lihat," kata Arie di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).
 
Arie menjelaskan, sanksi dapat diberikan kepada kepala sekolah maupun guru. "Berlaku untuk semua. Siapa yang nanti paling memenuhi ketentuan kelalaian. Tapi tidak tiba-tiba tunjuk kepala sekolah yang salah," ujar Arie.
 
Pihaknya masih menunggu hasil berita acara pemeriksaan (BAP) dari kepolisian. Dari situ Disdik dapat menentukan sanksi untuk SD 07 Pagi Kebayoran Lama.
 
"Kemarin pemeriksaannya bertahap. Ketentuannya harus dipenuhi. Wilayah (Suku dinas) melakukan BAP, hasil dari wilayah baru kita periksa," kata Arie.
 
Disdik tak ingin hanya fokus mencari siapa yang salah pada kasus pemukulan murid kelas 2 SD oleh temannya itu. "Sanksi hanya bagian dari pembinaan. Kita tidak berorientasi cari siapa yang salah saja," ujarnya.

Sebelumnya, siswi kelas 3 SD Gabriella Sheryl Howard meninggal saat tes renang bersama 16 siswa lain di sekolah internasional Global Sevilla School, Puri Indah, Jakarta Barat. Sementara siswa SD 07 Pagi berinisial NAA, 8, meninggal diduga dianiaya teman sekolahnya, berinisial R (8), di Jalan Bendi 8 RT 05 RW 10, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
(FZN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA