ICW: Donatur Parpol Tak Mau Bermasalah ke Negara

Meilikhah    •    Senin, 28 Sep 2015 17:47 WIB
partai politik
ICW: Donatur Parpol Tak Mau Bermasalah ke Negara
Ilustrasi--MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mayoritas partai politik enggan mempublikasikan dana partai, baik asal-usul maupun pengeluaran. Ada beberapa sebab partai emoh mempublikasikan dana partai.

"Pertama, karena para penyumbang tak mau mencantumkan seluruh identitas mereka. Terkait pajak, donatur juga tak mau bermasalah ke negara," kata peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz dalam dialog penyampaian hasil kajian ICW tentang tata kelola keuangan partai di Swiss Bel-residence Hotel, Jakarta Selatan, Senin (28/9/2015).

Menurutnya, sumbangan dana parpol terbesar berasal dari pihak ketiga di luar partai. Secara tidak langsung donatur ini memberikan pengaruh terhadap partai.

Pihak ketiga itu, sambung Donal, diketahui tak hanya memberikan suntikan dana, tapi juga meminta imbal balik. Mereka umumnya meminta sesuai dengan dana besar yang telah dikeluarkan.

"Semakin besar partai itu, maka ngasihnya lebih gede. Setidaknya dua alasan ini yang membuat kecenderungan partai dan penyumbang sama-sama punya komitmen tidak mempublikasikan keuangan mereka," jelasnya.

ICW menilai, sumber pendanaan terbesar partai politik berasal dari pihak ketiga. Sumber ini lebih besar jika dibandingkan dengan dana partai politik yang berasal dari iuran anggota partai itu sendiri.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

21 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA