PP Antikriminalisasi segera Diterbitkan

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 28 Sep 2015 18:38 WIB
PP Antikriminalisasi segera Diterbitkan
Sekretaris Kabinet Pramono Anung bersama Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menjawab pertanyaan wartawan seusai melaporkan LHKPN di Gedung KPK, Jakarta, Senin (28/9).-Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Peraturan Pemerintah Antikriminalisasi segera diterbitkan. Saat ini, aturan itu masih digodok di Kementerian Hukum dan HAM.

"Sekarang PP-nya sedang dipersiapkan Kemekumham. Harapannya dalam bulan ini atau awal bulan depan sudah bisa keluar," kata Pramono di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (28/9/2015).

PP ini disiapkan untuk mencegah kriminalisasi terhadap pejabat daerah dalam penggunaan anggaran negara. Pramono menjelaskan, keberadaan PP bisa jadi jaminan kepastian hukum bagi pejabat daerah dalam melaksanakan pembangunan.

"Hal ini perlu dilakukan supaya penyerapan anggaran semakin tinggi," ujar Politikus PDIP.

Menurut dia, ada tiga poin yang terkandung dalam PP Antikriminalisasi. Pertama, suatu kebijakan diminta tidak dipidanakan. Selain itu, diatur pula kesalahan administrasi yang digunakan adalah administrasi pemerintah.

Terakhir, penegak hukum diminta tidak bergerak dalam masa jeda waktu hasil pemeriksaan BPK maupun BPKP selama 60 hari. "Dengan demikian, saya yakin tidak ada kriminalisasi," kata dia.
(MBM)