Daftar Calon Legislatif Tetap Sedikit Berubah

- 13 Agustus 2013 17:40 wib
MI/Bary Fathahilah
MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia akan mengumumkan Daftar Calon Tetap untuk calon anggota legislatif tingkat pusat pada 22 Agustus mendatang. DCT akan mengalami sedikit perubahan sesuai dengan masukan dan konfirmasi yang dilakukan terhadap daftar calon sementara (DCS) beberapa waktu lalu.

Itu dikatakan anggota KPU Ferry Kurnia Rizkyansyah saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (13/8). Sejumlah partai yang mengubah komposisi bacaleg dalam DCS perbaikan di antaranya Partai Amanat Nasional dan Partai Hati Nurani Rakyat. DCT merupakan hasil penetapan dari DCS perbaikan yang sudah ditindaklanjuti KPU dan parpol.

Di sisi lain, pengumuman DPT untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan dilakukan pada 29 Agustus mendatang. Ketua KPU Husni Kamil Manik menjelaskan pihaknya saat ini masih membuka pengaduan masyarakat untuk daftar calon sementara (DCS) DPD RI.

Pengaduan itu disampaikan kepada KPU Provinsi. Namun, KPU pusat tidak menutup kemungkinan akan menampung masukan masyarakat terhadap DCS DPD. "Masukan masyarakat soal calon sementara terkait DPD ke KPU Provinsi karena mereka yang lebih tahu daerahnya. Selain itu KPU sudah memberikan pelimpahan wewenang kepada provinsi untuk menghimpun laporan itu. Tapi sejauh ini belum ada perubahan untuk calon sementara DPD," tambah Husni.

Husni menambahkan KPU Provinsi berhak mengonfirmasikan kepada calon yang bersangkutan ketika ada masukan masyarakat terkait DCS DPD. Jika dalam konfirmasi atas aduan masyarakat itu tidak benar, calon sementara DPD akan ditetapkan secara sah sebagai calon tetap.
Sebaliknya, jika aduan masyarakat terbukti benar ketika dikonfirmasi, calon sementara DPD bisa dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon tetap DPD.

KPU sudah mengantongi 952 calon anggota sementara DPD yang memenuhi syarat berdasar verifikasi secara faktual. Angka bakal calon anggota DPD yang semula melamar sebanyak 1.033 orang. Beberapa tidak lolos karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan perundang-undangan.

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…