Tebang Pilih Penertiban Pasar Tanah Abang

   •    Selasa, 13 Aug 2013 19:33 WIB
Tebang Pilih Penertiban Pasar Tanah Abang
MI/Immanuel Antonius/zn

Metrotvnews.com, Jakarta: Penegakan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 di kawasan Pasar Tanah Abang tidak hanya menyasar pedagang kaki lima yang biasa berjualan di badan jalan, tapi juga kios-kios yang menggunakan trotoar jalan dalam menjalankan usaha. Namun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terlihat tebang pilih dalam menertibkan kios yang berada di trotoar jalan.

H. Euis Suryawati, 57, pemilik beberapa kios di pinggir jalan Tanah Abang, mengatakan dirinya bingung dengan pembongkaran yang dilakukan Satpol PP. Pasalnya, kios dagang semipermanen yang dibangun di pekarangan kios miliknya ikut dihancurkan juga. Padahal, bagian depan sudah menyisakan area trotoar selebar 1 meter.

"Ini lingkungan pekarangan (toko) saya. Saya bingung dibongkar juga. Memang sosialisasi sudah ada, tapi saya pikir cuma yang di pinggir jalan," tutur Euis.

Hal tersebut jauh berbeda dengan kondisi kios pedagang kurma dan oleh-oleh khas haji yang berdiri beberapa ratus meter dari kios milik Euis yang dirobohkan. Para penyewa kios terlihat santai dan terus berjualan karena kios mereka tidak terkena penertiban.

Lokasi kios yang berada di samping bangunan JTTC Tanah Abang itu dibangun semipermanen selebar 2 x 3 meter dan berdiri persis di sisi trotoar jalan. Namun, jika melihat letak kios-kios kurma tersebut, sebenarnya juga menyisakan sedikit area trotoar bagi pejalan kaki. Ini sama halnya dengan kios milik Euis yang dibongkar oleh Satpol PP.

Menurut keterangan penyewa kios kurma di sana, kios yang ditempatinya tergolong kios resmi. "Kalau di sini resmi, ikut sama gedung (JTTC). Kami menyewa Rp5 juta/bulan, termasuk listrik, kebersihan, keamanan," kata Temon, pedagang kurma yang telah empat tahun berjualan di Tanah Abang kepada Media Indonesia. (Vera Triyani)


Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

1 hour Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA