Komisi VIII Minta Keluarga Jemaah Haji yang Hilang Siapkan Mental

Meilikhah    •    Senin, 28 Sep 2015 21:50 WIB
tragedi mina 2015
Komisi VIII Minta Keluarga Jemaah Haji yang Hilang Siapkan Mental
Jemaah Haji di Mina-----AFP/ M Al Shaikh

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid meminta keluarga jemaah haji di Indonesia mengantisipasi adanya korban hilang di Mina adalah bagian dari korban meninggal dunia. Pasalnya, jumlah korban hilang berkurang seiring dengan bertambahnya korban meninggal dunia.

"Saya khawatir ini kan ada tujuh maktab di lintasan utama, kesiapan mental keluarga menghadapi kemungkinan angka yang hilang bagian dari korban (meninggal). Karena kan yang hilang berkurang yang wafat bertambah ini yang harus diantisipasi keluarga," kata Sodik, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Sodik mengimbau pada petugas dan PPIH di tanah suci untuk menyisir lokasi-lokasi yang kemungkinan lokasi hilangnya jemaah haji dalam tragedi Mina. Bukan hanya melakukan pencarian di jalan 204 yang memang menjadi lokasi utama jatuhnya korban jiwa.

"Bisa jadi mereka yang hilang itu ada di pos keamanan, klinik kesehatan, toilet umum, tenda-tenda yang sudah ditinggalkan dan di jalanan-jalanan," katanya.

Dia menambahkan, terhambatnya proses pencarian dan identifikasi lantaran banyaknya jumlah jemaah haji tak sebanding dengan petugas di lapangan. Terlebih dengan askar-askar yang dinilai kurang berpengalaman.


(AZF)