Olimpiade 2020

Lima Cabor Tambahan yang Mungkin Dipertandingkan di Olimpiade Tokyo

A. Firdaus    •    Selasa, 29 Sep 2015 00:08 WIB
Lima Cabor Tambahan yang Mungkin Dipertandingkan di Olimpiade Tokyo
Olimpade Tokyo (foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Tokyo: Olimpiade 2020 yang berlangsung di Tokyo, Jepang kemungkinan akan menggelar lima cabang olahraga (Cabor) baru. Saat ini, tuan rumah sedang mengupayakan agar kelima Cabor itu bisa digelar.

Kelima Cabor tersebut adalah, skateboard, surfing, baseball/softball, panjat tebing, dan karate. Komite Olimpiade Internasional akan menentukan nasib kelima cabor tersebut pada Agustus tahun depan. 

"Ini event yang mewakili tradisional, event pemuda lebih tepatnya.  Olahraga tersebut sangat populer di Jepang maupun dunia internasional," demikian statement dari panitia Tokyo 2020.

Sementara itu, Presiden Surfing Internasional, Fernando Aguerre mengatakan bahwa olahraga surfing bisa mewujudkan gaya hidup yang menyenangkan.

"Surfing mewujudkan gaya hidup yang menyenangkan dan akan menambahkan elemen yang sama sekali baru untuk event ini," terang Aguerre.

Baseball dan softball, yang bersatu di bawah Konfederasi Softball Baseball Dunia (WBSC), kembali ke Olimpiade untuk pertama kalinya, sejak terakhir kali dimainkan di Asia, tepatnya di Beijing pada 2008.

Sedangkan semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh Asosiasi Squash Dunia (PSA), mereka tetap berharap bisa terbebas dari hukuman yang dikeluarkan IOC pada Agustus 2016.

"Melalui tiga usaha yang gagal sebelumnya untuk bisa dimasukkan ke Olimpiade, kami membahas semua isu dan menyangkut IOC soal olahraga ini," kata kepala eksekutif PSA, Alex Gough. (BBC)
(ASM)