Jelang Asian Games 2018

Jelang Asian Games 2018, Palembang Bangun Dua Jalan Layang

Alfa Mandalika    •    Selasa, 29 Sep 2015 03:16 WIB
asian games 2018
Jelang Asian Games 2018, Palembang Bangun Dua Jalan Layang
Logo Asian Games 2018. (Foto: Ant/ M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Palembang: Kota Palembang tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Kendati masih tiga tahun lagi, Palembang sudah berbenah sejak saat ini.

Direncanakan, dua jalan layang di Palembang mulai dibangun awal 2016 untuk mengejar Asian Games 2018, kata seorang pejabat. Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) III Metropolitan Palembang Refi Pebriansyah mengatakan kedua proyek itu yakni di Simpang susun Bandara dan Keramasan. Kedua proyek ini direncanakan menggunakan dana tahun jamak 2016 dan 2017.

"Pekan lalu sudah ada pertemuan di Jakarta untuk membahas berapa pembagian dana APBN dan APBD. Setelah ini ditetapkan, akan lanjut pada lelang yang diperkirakan paling lambat pada November 2015," kata Refi.

Ia mengatakan untuk mempercepat proses pembagunan, BBPJN III telah menyediakan desain kedua proyek ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk segera menyediakan lahannya.

"Untuk penyediaan lahan dibebankan ke pemerintah provinsi sementara dana untuk pembangunan fisik dibebankan ke BBPJN melalui APBN," kata dia.

Simpang susun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II akan membutuhkan lahan seluas 3.000 meter persegi untuk membangun jalan layang sepanjang 455 meter. Sementara, simpang susun Keramasan direncanakan sepanjang 650 meter yang direncanakan menjadi dekat dengan pintu tol Palembang-Inderalaya (Palindra).

"Tak hanya untuk memperlancar arus lalu lintas masuk pintu tol, jalan layang Keramasan juga digunakan untuk memperlancar jalan menuju kawasan Jakabaring, yakni lokasi tempat Kompleks Olahraga Jakabaring berada," ujar Refi.

Palembang gencar membangun infrastruktur transportasi untuk menunjang tugas sebagai tuan rumah Asian Games dengan merencanakan pembangunan simpang susun, simpang bawah tanah,  Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, jalan tol, dan jalur kereta api dalam kota. (Ant)


(ASM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA