Laporan dari Amerika Serikat

Arab Saudi Kirim Menteri ke Indonesia Satu Bulan Sekali

Fajar Nugraha    •    Selasa, 00 0000 00:00 WIB
Arab Saudi Kirim Menteri ke Indonesia Satu Bulan Sekali
Menlu Retno Marsudi lakukan pertemuan dengan Menlu Arab Saudi (Foto: Dok.Kemlu)

Metrotnews.com, New York: Dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubair, memastikan kunjungan tiap satu bulan sekali bagi menteri Arab Saudi ke Indonesia.

Menurut Menlu Retno, hubungan Indonesia dengan Arab Saudi dalam kondisi yang sangat baik. Bahkan kunjungan Presiden Joko Widodo pada bulan lalu, diambut luar biasa.

"Kunjungan Presiden (Jokowi) itu disambut dengan sangat luar biasa oleh Raja Saudi dan ini another milestone (batu loncatan) dari hubungan kita dengan Arab Saudi," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Markas PBB di New York, (29/9/2015) waktu Amerika Serikat (AS).

"Menlu Arab Saudi menyampaikan bahwa ada perintah dari Raja setiap bulan Saudi akan mengirimkan menterinya untuk berkunjung ke Indonesia. Tadi saya bertanya dengannya untuk lebih detail," imbuh Menlu Retno.

Namun kedatangan para menteri Arab Saudi ini akan diawali Menlu Arab Saudi Adel al-Jubiar yang akan datang Oktober. Adel dijadwalkan untuk melakukan pertemeuan dengan Menteri Retno dan setelah ini akam berbicara dengan menlu lain.

"Itu dari pihak mereka, sementara dari pihak kita, Presiden juga sudah menunjuk Menteri ESDM (Sudirman Said) sebagai yang mengkoordinir langkah lanjutan dari kesepakatan-kesepakatan dan kerja sama ekonomi yang dapat dilaksanakan di Arab Saud.

"Menteri ESDM rencananya akan ke Saudi, bulan depan. Jadi yang membuat kita senang adalah mereka tidak bertepuk sebelah tangan dengan tawaran kerja sama kedua negara," imbuhnya.

Diharapkan kerja sama kedua negara ini akan berjalan dengan konkret dan tentunya membuahkan hasil bagi kedua negara.
(FJR)