Investor Asing Lebih Memilih Sektor Tambang di Papua

   •    Selasa, 29 Sep 2015 12:07 WIB
pertambangan
Investor Asing Lebih Memilih Sektor Tambang di Papua
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Metrotvnews.com, Jayapura: Investor asing dari berbagai negara yang berinvestasi di Papua lebih memilih sektor pertambangan dibanding dengan bidang lainnya. Namun, para investor harus melengkapi beberapa persyaratan sebelum menanamkan modalnya.

Bidang Data dan Pelaporan Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Papua Petrus Assem mengatakan, dengan banyaknya kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) di Papua membuat investor lebih memilih sektor pertambangan dibandingkan sektor lainnya.

"Jadi PMA (penanaman modal asing) itu banyak bergerak di bidang pertambangan," ungkapnya, seperti dikutip Antara, di Jayapura, Selasa (29/9/2015). 

Ia menjelaskan, beberapa perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Papua berasal dari berbagai negara di dunia, di antaranya adalah Tiongkok, Taiwan, dan Amerika Serikat (AS). Namun, sebelum berinvestasi perlu ada persyaratan yang dipenuhi. 

Menurut dia, untuk memperoleh izin investasi di Papua perusahaan asing harus melengkapi berbagai kriteria yang ada dari pemerintah pusat maupun badan perizinan yang berada di Papua. "Dari berbagai perusahaan asing yang ingin berinvestasi di Papua, harus melewati berbagai kriteria yang sangat ketat," pungkasnya.



(ABD)