Ketua Panja RUU Kebudayaan: Tak Ada Fraksi Tolak Pasal Kretek

Aditya Mahatva Yodha    •    Selasa, 29 Sep 2015 12:08 WIB
dpr
Ketua Panja RUU Kebudayaan: Tak Ada Fraksi Tolak Pasal Kretek
Foto: Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Kebudayaan, Ridwan Hisjam/MTVN_Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Masuknya kretek tradisional sebagai salah satu warisan budaya dalam draf Rancangan Undang-undang (RUU) Kebudayaan menjadi polemik. Ada yang menilai kretek tradisional merupakan warisan budaya namun ada juga yang tak setuju.

Salah seorang yang menentang soal kretek tradisional, itu yakni mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring. Politikus Partai Keadilan Sosial itu menyarankan agar pasal soal kretek tradisional dihilangkan dalam draf RUU Kebudayaan.

Ketua Panitia Kerja (Panja) RUU Kebudayaan, Ridwan Hisjam menegaskan, pada saat pembahasan di Panja Komisi X DPR RI, pasal mengenai kretek tradisional tidak ada. Ridwan menilai pernyataan Tifatul itu merupakan ungkapan pribadi.

"Pada waktu tanggapan fraksi mengenai RUU Kebudayaan, tidak ada penolakan soal pasal kretek," kata Ridwan saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (29/9/2015).

Politikus Golkar itu mengatakan, dalam rapat Panja Komisi X DPR RI, pasal yang ditolak adalah sebuah badan baru yang mengurus perihal kebudayaan. Pasal itu ditolak oleh Fraksi PDI Perjuangan dan PKB.

"Alasan mereka menolak adalah karena tidak ingin ada badan baru. Kalau kretek tradisional tidak ada yang menolak," kata Ridwan.


(TTD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA