Dubes Xie Feng: Hubungan Tiongkok dan RI Masuki Era Terbaik

Willy Haryono    •    Selasa, 29 Sep 2015 14:38 WIB
indonesia-tiongkok
Dubes Xie Feng: Hubungan Tiongkok dan RI Masuki Era Terbaik
Dubes Tiongkok untuk Indonesia Xie Feng dalam acara perayaan hari kemerdekaan ke-66 Tiongkok di Jakarta, Senin (28/9/2015) malam. (Foto: MTVN / Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sambutan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Xie Feng, dalam acara Peringatan Kemerdekaan RRT yang ke-66 banyak menyentuh berbagai aspek kerja sama yang telah Indonesia dan Tiongkok jalin.

Feng juga banyak menceritakan tentang perkembangan Tiongkok dan keberhasilannya dalam berbagai sektor.

"Saat ini, Bangsa Tionghoa tak pernah begitu dekat dengan impian Tiongkok untuk mewujudkan kenbali kebangkitan bangsanya. Sejak berdirinya RRT 66 tahun yang lalu, Tiongkok telah mencapai prestasi yang menarik perhatian seluruh dunia dalam pembangunan negara, khususnya sejak tahun 1978 saat kebijakan reformasi dan terbuka dilaksanakan," ujar Dubes Feng.

"Tiongkok telah menjadi ekonomi terbesar kedua dan negara perdagangan yang terbesar di dunia sekaligus menjadi mitra dagang bagi 130 nnegara termasuk Indonesia."

Dalam sambutannya, Dubes Feng juga memaparkan, setelah mengalami perkembangan pesat selama 30 tahun, ekonomi Tiongkok telah memasuki kondisi normal baru dan akan berusaha agar tetap stabil ke arah yang positif.

"Tahun ini adalah peringatan ke-65 hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia. Saat ini, hubungan kedua negara sedang memasuki era terbaik dalam sejarah. Dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo melakukan tiga kali pertemuan dan dua kali pembicaraan di telepon, sepakat untuk mensinergikan gagasan "Jalur Sutera Maritim Abad ke-21" dengan strategi Poros Maritim Dunia," paparnya.

Tiongkok dan Indonesia diharapkan dapat memperluas kerja sama pragmatis di berbagai bidang. Ketua CPPCC Tiongkok, Yu Zhengsheng dan Ketua MPR, Zulkifli Hasan telah sukses mengadakan kunjungan timbal balik dalam waktu dua bulan.

Perjanjian-perjanjian telah membuktikan kepercayaan Tiongkok terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dan prospek kerja sama saling menguntungkan antara kedua negara.

"Dalam situasi ekonomi yang rumit dengan pancaroba baik regional maupun internasional, pihak Tiongkok bersedia bersama dengan pihak Indonesia untuk mewujudkan kesepakatan penting kedua kepala negara menjadi tindakan ril, supaya secara menyeluruh mendorong maju kerja sama pragmatis di bidang politik, keamanan, infrastruktur, investasi, industri dan lainnya," lanjutnya.

"Sekarang saya sarankan, untuk kemakmuran Tiongkok dan Indonesia, untuk persahabatan rakyat Tiongkok dan Indonesia, untuk masa depan hubungan Tiongkok-Indonesia, Tiongkok-ASEAN yang lebih indah, untuk kesehatan semua, mari kita bersulang!" (Nabila Gita)


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA