Saut Situmorang Yakin Dewan Sudah Pilih Pimpinan KPK

Tri Kurniawan    •    Selasa, 29 Sep 2015 14:53 WIB
capim kpk
Saut Situmorang Yakin Dewan Sudah Pilih Pimpinan KPK
Saut Situmorang (kiri). Foto: MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Delapan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera menghadapi anggota Komisi III DPR untuk fit and proper test. Namun, Saut Situmorang, salah seorang capim KPK, yakin Dewan sudah punya pilihan.

"Saya pikir mereka sudah punya pilihan dan sudah melihat siapa yang harus dipilih dari delapan ini," kata Saut kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

Bahkan, menurut Saut, masing-masing fraksi sudah tahu siapa saja yang pantas memimpin lembaga antikorupsi saat capim KPK menyisakan 19 orang. Saut menilai, setiap partai politik punya kebijakan berbeda tentang figur atau calon.

Pria yang berkarier di Badan Intelijen Negara ini menganggap itu wajar. "Itu wilayah mereka. Saya tidak bisa masuk di wilayah itu," ujar Saut.
 
Kendati demikian, ia percaya wakil rakyat memilih sosok terbaik. Saut juga berpikir anggota Dewan punya hasrat yang sama dengan dirinya agar negara ini segera lebih bersih dari tindak korupsi dan teratur.

Saut membayangkan, ujian di depan anggota Komisi III akan lebih berat dibandingkan menghadapi panitia seleksi.
Menurutnya, anggota DPR mungkin menyoroti latar belakangnya.

"Saya pikir yang paling penting bagaimana mempertemukan perbedaan itu. Visi misi sama memberantas korupsi, yang beda cuma style, setiap institusi punya ciri khas," kata Saut.

Saut mengaku sudah melaporkan harta kekayaan ke KPK saat dirinya diangkat menjadi eselon I di BIN pada 2013. Di LHKPN, ia mencantumkan mobil Jeep Rubicon. Dia juga membantah tidak membayar pajak Rubicon.

Dia juga menjelaskan soal tudingan memiliki perusahaan fiktif. Saut mengaku mendirikan perusahaan dengan izin. Perusahaan itu berkaitan dengan komunitas intelijen di Amerika Serikat.

"Company itu dibentuk supaya saya bisa engage dengan komunitas intelijen di Amerika. Perusahaan itu legal tapi tidak melakukan apa-apa, hanya untuk mengakses informasi bahawa ada society di Amerika," ujarnya.

Meski memprediksi lebih berat, Saut tidak punya persiapan luar biasa menghadapi ujian di DPR. "Olahraga satu jam sehari dan berdoa semoga mereka bisa memilih yang sesuai harapan," ujarnya soal persiapan fit and proper test.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA