Obama dan Castro akan Bertemu di Gedung PBB

Willy Haryono    •    Selasa, 29 Sep 2015 14:55 WIB
sidang majelis umum pbb 2015
Obama dan Castro akan Bertemu di Gedung PBB
Presiden Barack Obama (kanan) berjabat tangan dengan Presiden Kuba Raul Casto dalam KTT Amerika pada 11 April 2015. AFP / MANDEL NGAN

Metrotvnews.com, New York: Hubungan diplomatik Amerika Serikat dan Kuba terus bergerak ke arah yang lebih baik. Untuk kali kedua pada tahun ini, Presiden Barack Obama dan Presiden Raul Castro akan kembali bertemu. 

Pertemuan keduanya dijadwalkan berlangsung di sela-sela Sidang Umum PBB di New York, AS, Selasa (29/9/2015). Ini merupakan kunjungan pertama Castro di Sidang Umum PBB. 

Belum lama ini, AS meringankan aturan ketat bagi warganya yang ingin berkunjung atau berbisnis di Kuba. Kedutaan besar kedua negara juga sudah dibuka kembali. 

Seperti dikutip AFP, Obama dan Castro mengejutkan dunia setelah sepakat memperbaiki hubungan pada akhir Desember 2014. 

Sejak saat itu, ketegangan antar dua negara yang berseteru saat Perang Dingin itu mulai menurun. Namun, beberapa masalah masih tetap ada, seperti catatan hak asasi manusia Kuba dan tahanan politik kedua negara. 

Kedua negara ingin Kongres AS segera mencabut embargo ekonomi terhadap Kuba. Namun banyak pejabat Partai Republik dan sebagian dari Demokrat yang ingin tetap menerapkan embargo.

Kuba juga ingin meminta sejumlah lahan yang dikuasai AS di Guantanamo Bay. AS menegaskan pembebasan lahan ini belum ada dalam rencana. 

Dalam pidatonya di PBB, Obama menyebutkan perubahan kebijakan politik AS terhadap Kuba dan dia yakin Kongres "pada akhirnya akan mencabut embargo yang seharusnya sudah tidak diberlakukan lagi."


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA