Kedatangan Rombongan Haji di Solo Terlambat Tujuh Jam

Pythag Kurniati    •    Selasa, 29 Sep 2015 15:53 WIB
haji 2015
Kedatangan Rombongan Haji di Solo Terlambat Tujuh Jam
Rombongan haji kloter 1 asal Cilacap tiba di debarkasi Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2015). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Setelah terlambat tujuh jam, 360 haji asal Kabupaten Cilacap akhirnya tiba di debarkasi Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2012). Sedianya, para haji tiba pada pukul 05.25 WIB, namun mereka baru tiba di Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 12.47 WIB.

Kepala Sub Bagian Humas PPIH Jawa Tengah, Gentur Rachma Indriadi mengatakan keterlambatan disebabkan padatnya Bandara King Abdul Aziz, Arab Saudi. “Jadwal harus mundur. Sehingga jemaah haji baru bisa tiba tujuh jam dari jadwal awal,” tuturnya. 

Untuk kloter selanjutnya, Gentur memastikan akan terlambat. “Seharusnya sudah tiba pukul 13.00 WIB ini tapi menurut informasi nanti akan tiba sekitar pukul 18.30 WIB,” ungkap Gentur.

360 orang jamaah haji dari kloter pertama, kata Gentur, lima di antaranya merupakan mutasi dari kloter dua. “Awalnya kan ada 356 jamaah dari kloter pertama. Kemudian setelah cek di aplikasi siskohat (Sistem Komputerisasi Haji Terpadu) ada satu yang wafat karena sakit. Lalu lima orang dari kloter 2 masuk sehingga jumlah keseluruhan ada 360 orang,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Gentur juga mengatakan tiga orang calon haji asal embarkasi/debarkasi Solo wafat dalam peristiwa di Mina. Mereka berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


(SAN)