Rini Beri Sinyal Menangkan Tiongkok di Proyek Kereta Sedang

Desi Angriani    •    Selasa, 29 Sep 2015 15:57 WIB
kereta cepat
Rini Beri Sinyal Menangkan Tiongkok di Proyek Kereta Sedang
Kereta Cepat dari Tiongkok-----Ant/Rivan Awal

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri BUMN Rini Soemarno memberi sinyal kemenangan bagi Pemerintah Tiongkok dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Kini, proyek kereta cepat tersebut berubah menjadi kereta api berkecepatan sedang.

"Pemerintah hanya menekankan kereta cepat tidak menggunakan anggaran pemerintah, jaminan pemerintah. Sedangkan proposal Jepang meminta jaminan pemerintah. Otomatis gugur enggak?" ujar Rini di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015).

Rini menjelaskan, pihaknya bersikukuh tetap membangun proyek kereta sedang Jakarta-Bandung dengan tiga prinsip yang sudah ditetapkan pemerintah. Rini menyebut, akan meminta empat BUMN membentuk konsorsium dan bermitra dengan salah satu perusahaan dari dua negara yang mengajukan proposal.

Empat BUMN yang ditunjuk adalah PT Wijaya Karya Tbk (Wika), PT Jasa Marga Tbk, PT Perkebunan Nasional (PTPN) VIII, dan PT Kereta Api Indonesia. PT Wika akan menjadi pemimpin konsorsium.

"Sekarang pemerintah mengatakan ini harus B to B, itu jalurnya konsorsium BUMN melihat secara kalkulasi siapa yang bisa melakukan investasi. Apa bisa dilakukan atau tidak," bebernya.


(TII)