PKL Yogyakarta akan Dipertemukan dengan Eka Aryawan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 29 Sep 2015 16:17 WIB
sengketa tanah
PKL Yogyakarta akan Dipertemukan dengan Eka Aryawan
Kuasa hukum Keraton Yogyakarta, Achiel Suyanto, menerima kedatangan lima PKL yang digugat Rp1 miliar, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keraton Yogyakarta berencana mempertemukan lima pedagang kaki lima (PKL) Jalan Brigjen Katamso dengan pengusaha Eka Aryawan pada Jumat 2 Oktober 2015. Pertemuan itu untuk menjembatani permasalahan gugatan senilai lebih Rp1 miliar terhadap PKL.

"Kita akan mempertemukan Eka dan PKL tanpa melalui lawyer (pengacara). Mereka (PKL) berharap bisa langsung bertemu," kata kuasa hukum Keraton Yogyakarta, Achiel Suyanto, setelah bertemu dengan lima PKL di Gedung Panitikismo, Pratjimosono, Keraton Yogyakarta, Selasa (29/9/2015).

Achiel mengatakan, dari hasil klarifikasi dengan para PKL, Eka sangat jarang sekali bertemu membahas soal permasalahan tanah yang hendak dibangun toko mainannya. Dalam beberapa kali musyawarah, kata dia, Eka hampir selalu mewakilkan dengan pengacara.

"PKL hanya sekali ketemu Eka di kantor polisi pada 2013 saat menandatangani perjanjian damai," ucap lelaki bergelar Kanjeng Raden Tumenggung Nitinegoro ini.

Ia menduga, ketidakhadiran Eka menjadi alasan masalah itu bergulir di pengadilan. Pemahaman soal ukuran lahan pun berbeda. Para PKL tersebut masih menggunakan patokan pengukuran manual. 

"Tapi dalam pengukuran versi pertanahan bisa berbeda," ujarnya.

Ia berharap, kedua belah pihak bisa bertatap muka menyelesaikan perkara tersebut. Achiel pun menyarankan agar Eka tidak meneruskan perkara gugatan tersebut.

"Mudah-mudahan nanti ketemu PKL dengan Eka untuk berbicara. Kami akan memfasilitasi untuk menjembatani. Tapi kami tidak mengurusi pengadilan," kata dia.

Salah seorang PKL tergugat, Agung Budi Santoso berharap setelah nanti bertemu Eka, ia tetap bisa mencari nafkah di tempat itu. "Kami juga siap apabila nantinya juga dilakukan pengukuran dari pertanahan," ucapnya.



(RRN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA