Wakil Ketua Baleg: Pasal Kretek Sudah Dibahas Antarpanja

Anggitondi Martaon    •    Selasa, 29 Sep 2015 18:34 WIB
dprdpr ads
Wakil Ketua Baleg: Pasal Kretek Sudah Dibahas Antarpanja
Rokok kretek----Ant/Seno

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) Firman Subagyo menolak sangkaan sejumlah pihak yang menuding pasal kretek, selundupan. Dia menyebut, pasal tersebut sudah dibahas antara Panja di Badan Legislasi dengan Panja di Komisi X, sebulan silam.

"Sayangnya, banyak teman di panja yang tidak ikut saat harmonisasi, tapi mereka ikut komentar sebelum melakukan pengecekan," kata Firman di Kompleks Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015).

Pimpinan Panja RUU Kebudayaan ini mengatakan, ada pendapat dari beberapa budayawan yang menyebutkan kretek mempunyai unsur sejarah, tradisi, dan nilai-nilai yang dimiliki suatu bangsa atau negara dan dianggap sebagai bagian penting dari karakter bangsa tersebut.

"Ketika panja yang saya pimpin, ada beberapa pendapat dari sejumlah budayawan, kretek ini adalah herritage. Beberapa budayawan itu di antaranya Sobari dan Butet Kertarajasa. Bahkan Rahmat Gobel saat masih menjadi Menteri Perdagangan juga setuju, bisa dikroscek itu," ungkap dia

Rokok kretek ini, lanjut Firman, memiliki keunikan dalam pembuatannya. Rokok kretek menggunakan cengkeh dan kemenyan. Nah, dia menganggap, keberadaan rokok kretek harus dilestarikan.

"Jangan sampai rokok kretek itu dipatenkan luar negeri, sehingga kita harus bayar royalti untuk itu," ungkap dia.

Politisi Golkar ini menganggap, masuknya pasal kretek ini sebagai proteksi. Supaya, kretek tidak dipatenkan pihak luar.

"Sekarang, Jaran Kepang sudah dipatenkan Malaysia, kita ribut. DPR mau antisipasi malah pada ribut," terang dia.‎


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA