Bahaya Menunda Potong Tali Pusat Bayi

   •    Selasa, 29 Sep 2015 18:36 WIB
kesehatan anakbayi
Bahaya Menunda Potong Tali Pusat Bayi
Bayi dengan tali pusat dan plasenta yang belum dipotong. (Foto:Huffingtonpost)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lotus birth hingga saat ini masih jadi tren di beberapa kalangan masyarakat. Kepercayaan agar tali pusat dan plasenta (ari-ari) dibiarkan tetap menempel pada bayi selama berhari-hari hingga akhirnya lepas dengan sendirinya, dianggap sebagian masyarakat bisa memberikan dampak positif kepada bayi seperti sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dibanding bayi lain.

"Dari segi kedokteran ini (lotus birth) sangat tidak direkomendasikan," tegas dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A.(K), saat ditemui Metrotvnews.com, Selasa (29/09/2015).

Menurut dokter spesialis anak ini, membiarkan ari-ari menempel terlalu lama pada bayi dapat menyebabkan infeksi yang berat.

"Soalnya, sepanjang ari-ari mengandung darah. Nah, kalau itu dibiarkan maka jadi media yang bagus untuk bakteri berkembang," ungkapnya.

Bahkan, dr. Piprim menjelaskan jika sudah banyak bayi yang berobat padanya karena masalah ini. "Sumber penyakit dan infeksinya berawal dari tidak dipotongnya tali pusat dan plasenta," tambahnya.

Lotus birth merupakan proses melahirkan bayi dengan tetap membiarkan tali pusarnya terhubung dengan plasenta selama beberapa hari. Biasanya, lanjut dr. Piprim ini menunggu hingga ari-arinya mengering dan lepas dengan sendirinya.

"Itu hanyalah tradisi turun-menurun, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kebaikan ini. Intinya ari-ari harus segera dipotong beberapa menit setelah dilahirkan, jangan ditunda-tunda," tutupnya. (Sumarni)


(LOV)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA