HMI Jatim akan Advokasi Kasus Salim Kancil

Amaluddin    •    Selasa, 29 Sep 2015 18:48 WIB
salim kancil
HMI Jatim akan Advokasi Kasus Salim Kancil
Aksi simpati untuk aktivis petani Lumajang, Salim Kancil di Malang, Jawa Timur. (Ant/Ari Bowo Sucipto)

Metrotvnews.com, Surabaya: Tewasnya Salim Kancil, aktivis tani Desa Selok Awar Awar, Pasirian, Lumajang, Jawa Timur (Jatim) akibat disiksa sekelompok orang pro-penambang menarik perhatian Himpunan Mahasiswa Islam.

Ketua Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jatim, Khairul Anam, mengatakan pembunuhan terhadap Salim Kancil adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

"Kasus pembunuhan sadis itu tak hanya kasus kriminal tapi juga bentuk pelanggaran HAM dan upaya membungkam gerakan antieksploitasi SDA di Indonesia," kata Anam, sapaan akrabnya, dihubungi di Surabaya, Selasa (29/9/2015).

Anam berharap seluruh aktivis dari berbagai elemen di Jatim mengawal tuntas kasus Salim Kancil. Anam mengaku juga mengintruksikan kepada HMI se- Jatim untuk mengadvokasi kasus pembunuhan sadis Salim Kancil.

Dia menduga, ada kepentingan besar yang mengakar di balik kasus pembunuhan Salim Kancil. "Kami melihat penanganan kasus itu sangat lambat dan belum menyentuh aktor intelektual yang merupakan penjahat dan pembunuhan yang sebenarnya," katanya.

Anam meminta aparat kepolisian mengusut tuntas kasus pembunuhan Salim Kancil dan mengungkap aktor intelektual di balik kasus itu.


(SAN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA