Di Atas Rata-Rata 2, Bukti Komitmen Erwin & Gita Gutawa

Agustinus Shindu Alpito    •    Selasa, 29 Sep 2015 19:06 WIB
erwin gutawa
Di Atas Rata-Rata 2, Bukti Komitmen Erwin & Gita Gutawa
Erwin & Gita Gutawa (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Erwin Gutawa dan Gita Gutawa meneruskan program pengembangan anak-anak berbakat melalui Di Atas Rata-Rata 2 (DARR 2).

Berbeda dengan Di Atas Rata-Rata generasi pertama, kali ini Erwin dan Gita memilih tujuh anak dari hasil audisi tertutup. DARR 2 telah melahirkan sebuah album.

Grup yang diperkuat Rafi, Lyodra, Kafin, Shaquilla, Oliv, Ola, dan Nada ini membawakan ragam musik yang kaya dan lirik yang positif di album baru.

Satu hal yang patut diapresiasi adalah Erwin dan Gita membuktikan konsistensi mereka dalam memberdayakan anak-anak Indonesia.

"Ini usaha kecil-kecilan memberi virus yang baik. Proyek ini enggak boleh sekadar bikin album. Kalau (Di Atas Rata-Rata) yang pertama bikin konser, anak-anak ini juga jangan berhenti di panggung kecil," kata Erwin dalam jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2015).

Ke depannya, Erwin menyiapkan konsep lain untuk mewadahi para musisi muda berbakat.

"Nantinya enggak cuma yang bisa menyanyi yang dicari. Saya ingin musisi yang main drum, flute, gitar, bass. Enggak perlu untung (secara komersial), yang penting jalan terus. Saya mencoba bertahan untuk kelangsungan program Di Atas Rata-Rata," lanjut Erwin.

Sembilan dari 10 lagu di album DARR 2 merupakan lagu baru. Tema lagu yang dipilih dianggap representatif terhadap dunia anak dan problematikanya.

Sebut saja, lagu Stop Bully yang mengajak anak untuk tidak saling menghina. Lagu Tak Bisa Diam menggambarkan keingintahuan anak-anak terhadap berbagai hal.

Dari segi genre, masing-masing personel memiliki karakter kuat. Mulai dari musik klasik, jazz, pop, sampai melayu. Beberapa di antaranya bahkan menguasai instrumen musik, seperti Kafin yang pandai bermain piano dan Rafi yang jago saksofon.

Keseluruhan anggota terpilih ketika usia mereka dalam rentang 10 hingga 13 tahun.

Jika pada umumnya masyarakat berpikir bahwa mengatur anak-anak untuk serius bermusik adalah hal sulit, itu terbantahkan oleh pengalaman pribadi Gita.  

"Kalau tantangan enggak ada. Kalau tantangan spesifik, kita pernah menemukan 13 anak (hebat) di generasi satu. Standar (generasi 2)  harus sama atau lebih baik. Memang, standar musik anak Indonesia zaman sekarang lebih baik," jelas Gita.


(ROS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA