Jurus Pemkot Tangsel Angkat Produk UKM

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 29 Sep 2015 19:42 WIB
airin rachmy diani
Jurus Pemkot Tangsel Angkat Produk UKM
Pelaku UKM menata kerajinan daur ulang sampah plastik saat pameran di Salatiga, Jawa Tengah, Jumat 4 September 2015. Antara Foto/Aloysius Jarot Nugroho

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Kota Tangerang Selatan punya potensi luar biasa di bidang usaha kecil menengah. Namun, harus diakui, saat ini produk UKM di daerah itu belum berkembang maksimal.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diani menyebutkan, ada tiga persoalan yang biasa dialami UKM sehingga tak maksimal memasarkan produknya. Pertama, modal.

"Kedua, kemampuan juga keterampilan dalam memasarkan produk. Ketiga, cara pemasaran," kata Airin dalam pameran di kawasan Alam Sutera, Tangsel, Selasa (29/9/2015).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel Warman Syanudin mengakui ada kendala memasarkan produk UKM. Tapi, Pemkot Tangsel telah memiliki 'obat' untuk mengatasi tiga kelemahan tersebut.

"Kami bina, bagaimana produk itu bisa lebih berharga," ujar Warman.

Dia mengatakan, pelaku UKM harus berani keluar dari zona nyaman dalam memasarkan produk agar dikenal masyarakat luas. Selain itu, kemasan harus dibuat lebih menarik sehingga bisa meningkatkan harga jual.

"Semua kami bina. Tangsel harus mau berubah untuk yang lebih baik," kata dia.

Pembinaan bisa dari koperasi. Melalui koperasi warga Tangsel dituntut produktif. "Namanya koperasi harus memasyarakatkan. Anggota koperasi harus produktif, menjadi pelaku UKM," ujar Warman.

Banyak keuntungan dari pembinaan di koperasi, salah satunya mengurangi angka pengangguran. Pemkot Tangsel akan terus memacu kreativitas UKM.

"UKM punya peranan dalam perekonomian, dan ini untuk meningkatkan perekonomian di Kota Tangsel," tegas dia.


(TRK)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA