Tinjau Kepulangan Jemaah Haji, Menkes: Virus MersCov Jangan Sampai Masuk Indonesia

Ilham wibowo    •    Selasa, 29 Sep 2015 20:43 WIB
haji 2015
Tinjau Kepulangan Jemaah Haji, Menkes: Virus MersCov Jangan Sampai Masuk Indonesia
Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Foto: Antara/Yusran Ucang.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meninjau langsung penanganan pencegahan penularan MERSCoV (Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus) atau sindrom pernafasan akut dari Timur Tengah di Debarkasi Jemaah JKG 01. Menkes naik ke pesawat setelah rombongan JKG 01 mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pantauan Metrotvnews.com, didampingi tim dari Kementerian Kesehatan, Menkes naik ke atas pesawat yang membawa jemaah haji untuk melakukan pengecekan. Selepas itu, Menkes mengecek sistem keamanan dini di ruang pemeriksaan kesehatan Bandara Halim Perdanakusuma.

"Kami meminta betul agar virus Mers dari Arab benar-benar dijaga, jangan sampai masuk di Indonesia," tutur Menkes usai mengecek fasilitas pencegahan di Terminal Selatan, Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (29/9/2015).

Menkes menyebut, calon haji yang masih sakit belum bisa dipulangkan ke tanah air. Mereka akan mendapatkan fasilitas pengobatan gratis sampai sembuh dan diperbolehkan kembali ke Indonesia.

"Jemaah yang masih dinyatakan sakit belum bisa dipulangkan, karena memang kondisinya tidak memungkinkan," ucapnya. "Para jamaah yang perlu mendapatkan perawatan khusus akan dirawat di Rumah Sakit Pemerintah Arab Saudi," tambahnya.

Sementara itu, bagi para jemaah haji dengan kasus penyakit ringan dan masih berada di Arab Saudi, Kemenkes menyediakan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI).

"BPHI ini untuk screaning atau pertolongan bagi jemaah yang terkena penyakit ringan," jelasnya.


(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA