Alwi Shihab Nilai Cara Pemerintah Indonesia Sikapi Peristiwa Mina Sudah Tepat

Arga sumantri    •    Rabu, 30 Sep 2015 03:25 WIB
haji 2015
Alwi Shihab Nilai Cara Pemerintah Indonesia Sikapi Peristiwa Mina Sudah Tepat
Mantan Menteri Luar Negeri Alwi Shihab. Foto: Antara/Rosa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh Ulama Alwi Shihab menilai sikap Pemerintah Indonesia yang memutuskan untuk menunggu hasil proses identifikasi terhadap para korban tragedi Mina sudah benar. Sebab jika pemerintah berpikir melakukan protes, itu tak akan menyelesaikan masalah.

"Saya pikir sudah bagus posisi Indonesia yang menunggu hasil investigasi. Tidak ada gunanya protes, sedangkan kita belum tahu persis apa yang terjadi," kata Alwi Shihab saat menghadiri acara perayaan hari jadi Saudi Arabia yang digelar di Ciputra World 1, Jakarta Selatan, Selasa (29/9/2015).

Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri tahun 1999-2001 ini juga mengajak segenap elemen untuk tetap dingin menyikapi peristiwa Mina. Hal tersebut guna membuat umat muslim yang menjalankan ibadah haji tetap tenteram dan nyaman.

"Mari kita dengan kepala yang dingin. Jangan ribut-ribut, artinya kita sebaiknya bagaimana jemaah muslim di dunia yang berhaji tenteram dan tenang. Pemerintah Saudi pun tidak mau hal ini terjadi,"

Diketahui, jemaah haji asal Indonesia yang wafat akibat tragedi Mina kini mencapai 46 orang. Sementara itu, korban yang mengalami luka dan harus dirawat di rumah sakit berkurang dari 10 Jemaah haji menjadi hanya tujuh Jemaah haji. "Tiga telah dinyatakan pulang ke pemondokan," kata Arsyad di Mekkah, Selasa (29/9/2015) dini hari.

Jemaah haji Indonesia yang hilang, bertambah menjadi 90 orang. dari jumlah sebelumnya yang hanya 82 orang hilang. Arsyad mengatakan penambahan ini diduga karena terdapat sejumlah Jemaah haji yang baru saja melakukan lontar jumroh, Senin 28 September. "Kemungkinan Jemaah yang belum kembali karena tersasar," kata dia.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), kata dia, terus berkoordinasi dengan tim forensik untuk memastikan sidik jari jenazah Jemaah haji Indonesia yang wafat. Sejauh ini, Al Muassim juga telah mulai memakamkan seluruh jenazah korban tragedi Mina yang telah teridentifikasi.



(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA