Barcelona vs Bayer Leverkusen

Tanpa Messi, Barcelona Masih Bisa Gebuk Leverkusen

Hilman Haris    •    Rabu, 30 Sep 2015 03:44 WIB
liga champions
Tanpa Messi, Barcelona Masih Bisa Gebuk Leverkusen
Suarez mencetak gol kemenangan Barcelona saat melawan Leverkusen (LLUIS GENE / AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Kemenangan didapat Barcelona pada matchday 2 Liga Champions 2015--2016, Rabu 30 September. Meski bertanding tanpa Lionel Messi yang absen akibat cedera, Blaugrana masih bisa memetik tiga angka usai menang 2-1 dari wakil Jerman, Bayer Leverkusen.

Meski menang, Barcelona sempat keteteran oleh serangan Leverkusen pada awal pertandingan. Bahkan, Blaugrana nyaris kebobolan ketika laga baru berjalan dua menit. Ketika itu, striker Leverkusen, Javier "Chicharito" Hernandez yang mendahului pergerakan Masherano melepaskan sepakan dari jarak dekat. Beruntung bagi Barcelona, gol tak tercipta karena kiper Marc-Andre ter Stegen sigap menghalau bola.

Barcelona berusaha bangkit dan beberapa kali menciptakan peluang sejak momen itu. Tapi kombinasi Luis Suarez, Neymar, dan Sandro Ramirez di lini depan kurang kompak sehingga membuat sejumlah umpan matang Ivan Rakitic dari lini kedua terbuang percuma.

Meski menguasai pertandingan, Barcelona harus meratapi nasib kebobolan lebih dulu. Akibat salah mengantisipasi tendangan sudut Leverkusen, kiper Ter Stegen hanya bisa terdiam melihat gawangnya "dirobek" oleh bek Leverkusen, Kyriakos Papadopoulos pada menit ke-42.

Suarez dkk punya peluang menyamakan kedudukan jelang turun minum. Tapi keberuntungan sepertinya sedang tidak di pihak Blaugrana. Buktinya sepakan Suarez hanya membentur tiang gawang. Setelah itu, bola hasil tembakan Neymar yang meluncur deras sukses dihalau Papadopoulos sebelum melewati garis gawang.

Kedua tim tak lagi menciptakan peluang berbahaya setelah itu. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Leverkusen bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Barcelona meningkatkan daya gedor pada babak kedua. Selain itu, lini belakang Blaugrana mulai tampil disiplin sehingga tak lagi membiarkan Leverkusen mendapat kesempatan menciptakan peluang.

Peruntungan Barcelona berubah sejak Enrique memasukkan Munir El Haddadi dan Jordi Alba untuk menggantikan Sandro Ramirez serta Andres Iniesta saat laga memasuki menit ke-60. Keberadaan keduanya membuat serangan Barcelona dari sisi sayap lebih mengigit. Tak hanya itu, Alba dan Munir juga kerap memberikan umpan-umpan matang kepada Suarez dan Neymar di lini depan.

Gol yang ditunggu-tunggu suporter yang Barcelona di Stadion Camp Nou akhirnya tercipta pada menit ke-80. Gol berawal dari umpan silang Alba ke Munir dari sisi kiri. Dengan sekali kontrol, Munir langsung melepaskan sepakan menggunakan kaki kanan. Lantaran tembakan Munir terlalu deras, bola akhirnya gagal diamankan oleh kiper Leverkusen, Bernd Leno dengan baik. Bola yang memantul di depan gawang langsung disambar Sergi Roberto yang sudah menunggu di dalam kotak penalti.

Barcelona hanya butuh dua menit untuk mencetak gol kedua. Kali ini, giliran Suarez yang mencatatkan namanya di papan skor. Striker asal Uruguay itu pantas berterima kasih kepada Munir yang mampu mengecoh tiga pemain belakang Leverkusen dan memberikan umpan matan ke kotak penalti.

Suarez dkk makin bernafsu mencetak gol ketiga. Tapi pertahanan Leverkusen berkali-kali mampu menggagalkan serangan Barcelona yang dibangun oleh Rakitic dari lini tengah. Hingga pertandingan usai , skor 2-1 untuk kemenangan Barcelona akhirnya tak berubah. 

Berikut ini susunan lengkap starting XI Barcelona dan Leverkusen
Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Mathieu; Busquets, Rakitic, Iniesta; Sandro, Suarez, Neymar

Bayer Leverkusen: Leno; Tah, Papadopoulos, Wendell, Donati; Bender, Calhanoglu, Kramer; Bellarabi, Kampl, Hernandez


(HIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA