Datangi Kampung Relokasi, Mensos Berniat Tingkatkan Infrastruktur Kampung

Damar Iradat    •    Rabu, 30 Sep 2015 09:36 WIB
mensos blusukan
Datangi Kampung Relokasi, Mensos Berniat Tingkatkan Infrastruktur Kampung
Mensos Khofifah bersama warga sorong----MTVN/Damar

Metrotvnews.com, Sorong: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berencana meningkatkan infrastruktur Kampung Klalin, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sebab, daerah tersebut tak punya banyak fasilitas yang layak bagi warganya.

"Saya berkeinginan untuk meningkatkan infrastruktur dari Kampung Klalin yang masih membutuhkan banyak sekali perbaikan," kata Khofifah di Sorong, Papua Barat, Selasa (29/9/2015).

Perkampungan ini didirikan untuk menampung penduduk yang direlokasi dari areal Domine Eduard Osok, yang terkena proyek pelebaran bandara. Namun, fasilitas hunian yang didapat warga belum cukup layak.

"Perlu ada hunian yang layak, bagi warga masyarakat ini, karena sangat krusial. Kebutuhan ini karena semua orang membutuhkannya," ujar Khofifah.

Selain hunian yang layak, kata Khofifah, masyarakat juga memerlukan  sumber air tawar. Pasalnya, posisi perkampungan tersebut lokasinya dekat dengan laut, sehingga perlu cara untuk menemukan sumber air tawar.

"Salah satu caranya adalah dengan membuat sumur bor, dengan itu, akan banyak keluarga yang terakomodir kebutuhannya akan sumber air tawar," tutur Khofifah.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga menjanjikan mengirimkan tim untuk mendeteksi secara teknis di kedalaman berapa bisa didapatkan sumber air tawar. Selain itu, masalah sanitasi umum juga dibutuhkan.

Meski begitu, Khofifah menjelaskan Kemensos tidak bisa serta merta melakukan perbaikan infrastruktur. Peran dari kementerian lainnya juga dituntut untuk membuatkan fasilitas air tawar.

Proyek rehabilitasi pemukiman tersebut, kata Khofifah, selain diberlakukan di perkampungan Klalin, juga akan dilakukan juga di seluruh Indonesia.

"Rehabilitasi ini akan dan memang seharusnya dilakukan di seluruh Indonesia yang tingkat kesejahteraannya masih rendah," tutup dia.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA