Kronologi Pinjaman Tiga Bank BUMN dari Tiongkok

Anggitondi Martaon    •    Rabu, 30 Sep 2015 10:40 WIB
bumn
Kronologi Pinjaman Tiga Bank BUMN dari Tiongkok
Ilustrasi. (FOTO: AFP/ADEK BERRY)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi VI DPR mendengarkan penjelasan Kementerian BUMN terkait kronologi pinjaman sebesar USD3 miliar yang dilakukan oleh pemerintah melalui Bank Mandiri, BNI, BRI kepada China Development Bank (CBD).

Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa, Survei dan Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo menjelaskan kronologi pembicaraan mengenai pinjaman tersebut yakni berawal saat kunjungan kenegaraan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Great Hall of The People, Beijing, pada 26 Maret 2015.

"Dalam pertemuan itu dihasilkan Memorandum of Understanding (MoU) di berbagai bidang, termasuk keuangan, perindustrian, infrastruktur, penanggulangan bencana, dan antariksa," kata Gatot di Gedung DPR RI, Senayan, Selasa, 29 September.

Menindaklanjuti hasil kunjungan ke Tiongkok dan Jepang, Presiden Joko Widodo melakukan rapat kabinet pada  30 Maret 2015. Dalam rapat tersebut, Presiden meminta Menteri Koordinator Perekonomian saat itu Sofyan Djalil dan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk menindaklanjuti hasil kesepakatan antara Indonesia dengan Tiongkok.

Selanjutnya Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan pertemuan dengan Chairman Xu Shaosi-NDRC dan BUMN Tiongkok sebanyak tiga kali yaitu pada Maret, Juni, dan September 2015.

Lalu pada 16 September, Menteri Rini bersama tiga Dirut Bank BUMN (Mandiri, BNI, BRI) melakukan penandatanganan (signing) pinjaman lunak B to B dengan Presiden Direktur CDB Mr Zheng Zhijie sebesar USD3 miliar.

"Dengan tenor 10 tahun dengan grace period tiga tahun (masing-masing USD1 miliar) untuk pembiayaan infrastruktur dan proyek lain yang meningkatkan ekspor," ungkap Gatot.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA