Di Palembang, Asrama Haji Jadi Tempat Wisata Religius

Antara    •    Rabu, 30 Sep 2015 11:26 WIB
haji 2015
Di Palembang, Asrama Haji Jadi Tempat Wisata Religius
Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumsel tiba di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (27/8/2015). Foto: Nova Wahyudi/Antara

Metrotvnews.com, Palembang: Asrama haji di Palembang akan difungsikan sebagai tempat wisata religius. Tempat itu nantinya akan bernuansa Kota Mekkah di Arab Saudi. Banyak replika yang menyerupai benda-benda di Tanah Suci.

Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Sumsel Ahmad Najib mengatakan, di kawasan tersebut akan dibangun meseum Islam. "Selain itu juga akan dibangun benda menyerupai Kakbah, lintasan Sai dan miniatur pesawat," ujar dia di Palembang, Rabu (30/9/2015), seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, kata Najib, akan dibangun pula hotel syariah persis di sekitar asrama tersebut. "Jadi di sekitar asrama itu akan berdiri berbagai fasilitas atau replika tempat menuaikan rukun Islam kelima sehingga nuansa Islami akan semakin menonjol," kata dia.

"Oleh karena itu lokasi tersebut akan menjadi tempat wisata religius bagi umat Islam," ujar dia.

Dia mencontohkan, di museum Islam nantinya dipajang foto  sejarah tentang perkembangan muslim termasuk gambar keberadaan Mekkah. Pembangunan berbagai fasilitas tersebut diharapkan selesai dan dapat digunakan untuk manasik saat pemberangkatan jemaah calon haji tahun depan.

Sehubungan itu pihaknya terus memacu pembangunan tersebut sehingga dapat
selesai tepat waktu. "Yang jelas, Sumsel akan memiliki tempat wisata menarik terutama bagi umat Islam karena embarkasi haji Palembang itu akan dilengkapi berbagai fasilitas yang bernuansa Islami," tambah dia.


(KRI)