Tahun Depan, Anggaran KUR Naik Empat Kali Lipat

Pythag Kurniati    •    Rabu, 30 Sep 2015 12:01 WIB
kur
Tahun Depan, Anggaran KUR Naik Empat Kali Lipat
Foto: Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (tengah)/MTVN_Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Anggaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) naik empat kali lipat pada 2016 dari tahun ini. Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam kunjungan bersama Megawati Soekarnoputri dan Rieke Diah Pitaloka ke Solo Technopark, Kota Solo, Jawa Tengah.

"KUR tahun ini kita persiapkan anggaran sebanyak 30 triliun sementara tahun depan akan kita persiapkan Rp120 triliun," kata Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga di Solo Technopark, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (29/9/2015).

Menkop mengaku tengah mengupayakan agar bunga KUR pada tahun depan turun sebesar 3 persen. KUR akan disalurkan kepada ratusan ribu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Tahun depan kita upayakan bunga KUR turun kembali hingga 9 persen. Tahun ini turun juga dari 22 persen per tahun menjadi 12 persen," ujar dia.

Puspayoga mengatakan, peminjam KUR dengan nilai Rp25 juta tidak dikenai agunan apapun.”Nanti ada aturannya kalau yang Rp500 juta juga ada dengan agunan namun bunga tetap sama," imbuh dia.

Dalam kesempatan ini, Menkop mengatakan pemerintah sudah menyiapkan anggaran KUR sebesar Rp100 miliar bagi UMKM di Kota Solo.

"100 miliar itu harapannya dapat terserap semua tahun ini dan tahun depan akan kita naikkan kembali. Maka bagi para UMKM manfaatkan sebaik-baiknya dana 100 miliar tersebut," pungkas dia.

KUR, kata Menkop, merupakan salah satu upaya untuk mendorong UMKM dapat bersaing dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan dimulai Januari 2016. Selain KUR, Menkop juga mendorong UMKM memiliki hak paten agar produknya tidak dijiplak negara lain.


(TTD)