PM Jepang Mengaku Belum Siap Tampung Imigran

Willy Haryono    •    Rabu, 30 Sep 2015 12:56 WIB
sidang majelis umum pbb 2015
PM Jepang Mengaku Belum Siap Tampung Imigran
PM Jepang Shinzo Abe berpidato di Sidang Umum PBB di New York, AS, Selasa (29/9/2015). (Foto: AFP / JOHN MOORE / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Metrotvnews.com, Tokyo: Bantuan dana senilai USD1,5 miliar atau setara Rp21 triliun diumumkan Jepang untuk mengatasi krisis imigran dan pengungsi asal Timur Tengah yang saat ini membanjir Eropa.

Meski membantu soal dana, Jepang belum siap jika harus menampung sebagian dari jutaan imigran yang melarikan diri dari zona konflik. 

"Ada banyak hal yang harus kami lakukan sebelum dapat menerima imigran," ujar Perdana Menteri Shinzo Abe usai berpidato di Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (29/9/2015). 

Menurut laporan surat kabar Asahi Shimbun, seperti dikutip AFP, Tokyo baru menetapkan status pencari suaka kepada tiga warga Suriah, dari total 60 yang melarikan diri dari tanah kelahiran mereka ke Jepang. 

PBB melaporkan lebih dari setengah juta imigran dan pengungsi telah menyeberangi Laut Mediterania menuju Eropa tahun ini, 381 di antaranya tiba di Yunani. 

Di waktu yang sama, agensi pengungsian PBB (UNHCR) menyebut sekitar 2980 imigran dinyatakan hilang dalam perjalanan menyeberangi lautan. 

UNHCR mencatat imigran yang tiba di Eropa via jalur laut mencapai 515 ribu sejak 1 Januari. Sebanyak 54 persen dari mereka adalah warga Suriah. Sementara persentase imigran Suriah yang ada di Yunani mencapai 71. 



(WIL)