Kasih Sayang Percepat Proses Kesembuhan Seseorang

Putu Radar Bahurekso    •    Rabu, 30 Sep 2015 15:34 WIB
kesehatan
Kasih Sayang Percepat Proses Kesembuhan Seseorang
Jumpa pers Lovermula. (Foto:Putu Radar B.)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kasih sayang ternyata memiliki pengaruh yang kuat terhadap kesehatan seseorang. Pengaruh terhadap kesehatan yang diberikan oleh rasa cinta, kasih, dan kebaikan memiliki efek lebih baik dibanding obat-obatan.

“Walaupun obat-obatan memegang peranan penting dalam menyembuhkan penyakit, perawatan yang disampaikan dengan kehangatan dan kasih sayang juga dapat mempercepat proses penyembuhan,” tutur psikolog Kasandra Putranto saat ditemui di acara Lovermula di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).

Meskipun dunia teknologi dan pengobatan telah berkembang, tidak ada yang bisa mengalahkan pentingnya interaksi antar individu secara langsung dengan cara menunjukkan kepedulian dan memberikan perhatian.

“Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kehangatan dan kasih sayang terbukti mampu memperbaiki tingkat kesehatan yang lebih besar daripada efek obat saja,” ujar Kasandra.

“Kasih sayang bisa menurunkan tingkat keparahan penyakit hingga 16 persen, serta menurunkan tekanan darah dalam kondisi stres,” tambahnya.

Penggunaan obat secara teratur dan tepat serta perasaan kasih sayang merupakan sebuah ramuan yang tepat untuk mempercepat proses penyembuhan seseorang.

“Jadi kalau kalian jenguk teman, saudara, atau keluarga yang lagi sakit jangan cuma jenguk terus main handphone disampingnya. Setidaknya ya bantu diurus, tanya sakit apa, gimana keadaannya, lebih peduli itu akan lebih baik,” pungkas Kasandra.



(LOV)