Review Smartphone

Lenovo Vibe Shot, Menggoda

Insaf Albert Tarigan    •    Rabu, 30 Sep 2015 17:12 WIB
review gadget
Lenovo Vibe Shot, Menggoda
Lenovo Vibe Shot dijual di Indonesia seharga Rp4,9 Juta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagus, tapi tak cukup bagus dibanding Samsung, apalagi Apple. Itulah prasangka saya tiap kali memegang ponsel pintar Lenovo, dari kelas bawah, menengah sampai produk unggulan mereka.

Tentu saja, prasangka itu tak selalu benar. Tatkala melihat Lenovo Vibe Shot untuk pertama kalinya di Jakarta, beberapa waktu lalu, saya langsung kagum dengan desain bodi, terutama di bagian belakang. Ia berbeda. Keren. Saya juga menyukai hiasan dinding saat pertama kali memasuki berandanya.

Lenovo Indonesia menjuluki Vibe Shot sebagai "Kamera Ponsel" karena kamera merupakan fitur unggulannya. Desain bodinya juga lebih mirip kamera mini dibanding ponsel pintar. Apa kelebihan dan kekurangan produk ini? Berikut ulasan selengkapnya mengenai Lenovo Vibe Shot sesudah saya menggunakannya selama hampir tiga pekan.


Desain



Jika dilihat dari belakang, tampilan Lenovo Vibe Shot lebih mirip kamera saku mini daripada ponsel pintar. Hal ini berkat ukuran kamera utamanya yang cukup menonjol dan dilengkapi tiga LED flash. Tambahan aksen warna silver di pinggir bodi juga memperkuat citra ini. Apalagi, Lenovo menuliskan resolusi kamera 16MP/OIS Auto Focus dengan ukuran font cukup besar.



Untuk menambah performa kamera utamanya, Lenovo menambahkan sensor inframerah di sebelah LED flash, mirip dengan laser auto-focus yang kita lihat pada LG G3. Bodi belakang Vibe Shot ditutup bahan kaca, sehingga membuatnya terlihat elegan, tetapi di sisi lain juga mudah kotor karena sidik jari pengguna. Permasalahan ini bisa teratasi dengan casing, tetapi hal itu sekaligus juga membuat bagian tercantiknya tertutupi.



Bodi Lenovo Vibe Shot dibalut rangka berbahan metal. Di bagian kanan, terdapat tombol power, volume dan dua tombol lain untuk kamera, yaitu Shutter dan Mode untuk mengubah kamera ke posisi Pro atau Auto. Sementara di bagian kiri, terdapat slot untuk SIM berukuran mikro dan microSD. Sebagai informasi, Anda dapat memasukkan dua nomor sekaligus.

Lenovo Vibe Shot dilengkapi speaker di bagian bawah, berdampingan dengan colokan microUSB. Adapun colokan audio terletak di bagian atas. Secara keseluruhan saya sangat menyukai desain ponsel ini; enak dipegang dan terlihat mahal.
 

Software & Antarmuka



Lenovo Vibe Shot menjalankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan antarmuka Vibe UI yang tampil tanpa laci aplikasi. Dengan demikian, Anda dapat mengakses semua aplikasi dari beranda dengan menyapu layar ke kiri atau kanan.

Secara pribadi, saya menyukai tampilan standar beranda Vibe Shot. Jika Anda hendak menggantinya, Lenovo menyediakan Theme Center. Anda bisa mengubah Wallpaper, Lock Screen atau tampilan Recent Task List. Pilihannya memang belum sebanyak MIUI Xiaomi, tetapi yang disediakan Lenovo sudah cukup bagus. Entah kenapa, Lenovo belum membuka The Center mereka untuk pengembang pihak ketiga.

Vibe Shot juga dilengkapi fitur Pocket-dial Prevention Mode. Seperti namanya, ia berfungsi untuk mencegah Anda menelepon orang lain tanpa sengaja ketika sedang menyimpan ponsel ini di dalam saku.

Jika Anda peduli dengan privasi, Lenovo menyediakan menu Secure Zone Management. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur profil pribadi dengan aplikasi, akun, wallpaper dan password yang berbeda dengan profil umum. Ia mungkin berguna jika ponsel Anda kerap digunakan orang lain, apakah anak, istri, pacar atau teman.
 

Kamera dan Video

Telah banyak vendor yang menjadikan kamera sebagai fitur unggulan ponsel buatan mereka, termasuk Samsung, LG dan Sony. Hal tersebut wajar saja karena fotografi dengan ponsel pintar kini telah menjadi tren, demikian juga dengan selfie.



Kehadiran Lenovo Vibe Shot yang juga mengunggulkan kamera bisa menjadi alternatif bagi konsumen dengan kemampuan finansial terbatas. Ponsel ini dilengkapi kamera belakang beresolusi 16MP, auto-focus inframerah dan juga Optical Image Stabilization. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 8MP. Walau bukan jaminan kualitas, angka Megapixel itu cukup menarik karena di kelasnya, tak banyak pesaing Vibe Shot menawarkan hal yang sama.



Untuk menguji performa kameranya, Lenovo Indonesia secara khusus mengajak sejumlah jurnalis ke Bangka Belitung beberapa waktu lalu. Anda dapat melihat kesan kami di artikel berikut ini.





Selama tiga pekan menggunakan Vibe Shot, seperti saat menguji Samsung Galaxy S6 Edge, saya benar-benar mengandalkannya untuk bekerja, terutama meliput suatu acara. Keluhan pertama saya, Vibe Shot tak dilengkapi burst shot, yang memungkinkan kita merekam satu kejadian dalam beberapa frame sekaligus dengan satu kali jepret. Fitur semacam ini penting untuk jurnalis tatkala meliput suatu acara di mana tiap momen berlangsung secara cepat.





Di luar itu, fitur-fitur kameranya tergolong lengkap, termasuk Light Painting yang jadi unggulan Huawei P8. Memotret dengan Vibe Shot juga tergolong sangat mudah dan menyenangkan, termasuk mode Pro, sehingga tak akan merepotkan Anda yang terbiasa dengan mode otomatis. Kelengkapan fitur kamera membuat pengguna dapat mengeksplorasi berbagai objek dengan bermacam teknik.





Namun harus diakui, secara teknik, performa kameranya masih jauh di bawah Galaxy S6 Edge. Maksudnya, Vibe Shot masih kalah cepat dalam hal membuka aplikasi kamera, memproses foto HDR dan mengarahkan fokus.



Dari sisi pengolahan warna, saya tak terlalu suka dengan kinerja Lenovo Vibe Shot. Ia membuat segala sesuatu lebih indah dari aslinya. Hal ini hanya cocok untuk Anda yang gemar foto diri dan tak ingin tampak seperti aslinya. Karena itu, Vibe Shot tidak cocok digunakan untuk menangkap detail. Anda bisa melihat foto karpet ini, kita tak lagi bisa melihat serat-serat karpet tersebut.

Menghaluskan tekstur objek ini hanya cocok untuk memotret manusia karena akan membuat pori-pori besar, jerawat dan hal-hal lain yang dianggap jelek jadi terlihat bagus.

Untuk mengetahui level pemrosesan warna oleh Vibe Shot, saya sempat membandingkannya dengan iPhone 6. Hasilnya, iPhone menampilkan foto yang jauh lebih natural. Anda bisa melihat foto di bawah ini, Vibe Shot (kiri) dan iPhone 6(kanan). Hasil kamera iPhone 6 lebih sesuai dengan warna objeknya.



Berikut perbedaan hasil jepretan Vibe Shot (bawah) dan iPhone 6 (atas).

 

Vibe Shot (atas) iPhone 6 (bawah). Perhatikan latar belakang yang sama-sama terlihat kabur.



Beralih ke kamera depan, Vibe Shot adalah pilihan tepat bagi Anda yang suka selfie. Kamera beresolusi 8MP yang dilengkapi fitur beautify cocok untuk Anda yang gemar pamer foto selfie di media sosial.

Performa & Baterai

Lenovo Vibe Shot ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 615 Octa-Core 64-bit berkecepatan 1,7GHz, sama dengan Xiaomi Mi 4i dan ZTE Blade S6. Namun, memorinya lebih besar, 3GB, demikian juga ruang penyimpanan yang mencapai 32GB dan microSD hingga 128GB.

Walau tak secepat Exynos 7420 octa-core yang tertanam di Galaxy S6, performa Vibe Shot sudah cukup mumpuni. Kadang-kadang, memang terasa ada jeda ketika Anda membuka aplikasi kamera dan beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan di belakang. Namun, levelnya masih bisa diterima dan tak terlalu menggangu.

Selain memotret, tentu saya juga menggunakan Lenovo Vibe Shot untuk bermain Asphalt 8:Airbourne dengan pengaturan grafis High. Hasilnya, seperti Anda lihat di samping ini, game bisa berjalan dengan cukup lancar, walau tak terlalu impresif. 

Untuk menunjang kinerjanya, ponsel ini dilengkapi baterai berkapasitas 3.000mAh. Saya sangat terbantu fitur pengaturan konsumsi baterai yang disematkan Lenovo. Dengan fitur ini, kita bisa membatasi aplikasi apa saja yang dapat berjalan di belakang, sehingga konsumsi baterai bisa lebih irit. Selama pengujian, misalnya, saya kerap mematikan Facebook agar hanya tersinkronisasi ketika saya membukanya.

Dalam pemakaian normal sekalipun, baterai Lenovo Vibe Shot sudah sangat baik. Ia mampu bertahan 7,3 jam. 



Kesimpulan

Untuk ponsel kelas menengah-atas, Lenovo Vibe Shot adalah salah satu pilihan paling menarik yang ada di pasar saat ini, baik dari sisi desain, maupun performa secara keseluruhan. Perbandingan antara harga dan performanya juga termasuk yang paling baik.
 
 
Lenovo Vibe Shot
Prosesor Qualcomm Snapdragon 615 Octa-Core 64-bit 1,7 GHz
RAM 3 GB
OS Android 5.1 Lollipop
GPU Adreno 405
Memori Internal 32GB, microSD sampai 128GB
Kamera Belakang 16MP, Depan 8 MP
Dimensi 142 x 70 x 7,3 mm
Bobot 145 gram
Baterai 3.000 mAh
Layar 5 inci, IPS 1.280 x 1.080p
Konektivitas GSM/HSPA/LTE
Harga  Rp4.999.000
 

Lenovo Vibe Shot

 

8

  • Desain Keren
  • Kamera Bagus
  • Performa bisa diandalkan
  • Bagian belakang gampang kotor
  • Warna foto sering lebih bagus dari aslinya 



(ABE)