Turap Kali Pakin Ambrol, Ahok Salahkan Kontraktor

Putri Anisa Yuliani    •    Rabu, 30 Sep 2015 16:10 WIB
normalisasi kali
Turap Kali Pakin Ambrol, Ahok Salahkan Kontraktor
Turap Kali Pakin di RT 06 RW 07, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara ambrol. (Foto: beritajakarta.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan tidak akan menggunakan jasa kontraktor untuk membangun turap kali di Ibu Kota. Pasalnya, banyak dinding kali yang baru dibangun longsor.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengakui program penturapan baru berjalan sejak ia menjadi pimpinan DKI. Namun, turap yang longsor murni kesalahan kontraktor.  Saat itu kontraktor berhubungan langsung dengan Dinas Pekerjaan Umum (saat ini menjadi Dinas Tata Air dan Dinas Bina Marga). Ahok curiga ada persekongkolan antara kontarktor dengan oknum pegawai sehingga penturapan tak kunjung selesai.
 
Ahok menginstruksikan Dinas Tata Air tidak menggunakan kontraktor lagi. Ia meminta penurapan menggunakan alat berat sendiri.
 
"Memang dari dulu selalu ada kontraktor yang tidak benar. Saya bilang tidak usah pakai kontraktor lagi. Beli saja alat berat pemasang beton, kerjakan sendiri," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).
 
Seperti diketahui, turap Kali Pakin di RT 06 RW 07, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara ambrol. Turap sepanjang 30 meter ambrol hingga masuk ke kali. Padahal penurapan Kali Pakin dijadikan percontohan normalisasi kali oleh Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI.


(FZN)