Tragedi Salim Kancil, Mahasiswa Yogya Salat Gaib di Jalanan

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 30 Sep 2015 16:13 WIB
salim kancil
Tragedi Salim Kancil, Mahasiswa Yogya Salat Gaib di Jalanan
Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, salat gaib untuk dukung Salim Kancil, Rabu (30/9/2015). (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Yogyakarta untuk Lumajang menggelar aksi simpatik untuk almarhum Salim Kancil, di simpang tiga Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (30/9/2015).

Koordinator aksi, Irsyak mengatakan sengketa perebutan lahan di Indonesia telah banyak memakan korban. Menurutnya, Salim Kancil hanya salah satu contoh petani di Lumajang, Jawa Timur yang mempertahankan lahan pertaniannya dari kerakusan korporasi.

"Kami menuntut pemerintah secara tegas memberlakukan reforma agraria. Jangan biarkan para petani banyak menjadi korban," kata Irsyak saat berorasi.

Selain itu, kata Irsyak, Pemerintah Kabupaten Lumajang harus berani bertindak tegas. Caranya, pemerintah harus menutup semua pertambangan yang justru banyak merugikan petani.

"Kami mendesak aparat tegas mengusut pelaku pembunuhan. Tak hanya pembunuh Salim Kancil, namun juga otak dari pelaku pembunuhan," pekiknya.

Ia menegaskan, masyarakat mengutuk pelaku pembunuhan. Menurutnya, negaralah yang semestinya bertindak melindungi rakyat. "Negara dibentuk untuk menyejahterakan rakyat," ucap Irsyak.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa membuat lingkaran besar dan membakar ban di tengah jalan. Mereka juga melakukan salat gaib untuk mendoakan korban. Di sisi lain, akibat aksi itu, lalu lintas sempat terganggu sebelum akhirnya bisa terurai setelah masa membubarkan diri.


(SAN)