Mentan Susah Tidur Karena Ekspor dan Impor

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 30 Sep 2015 23:00 WIB
kementan ads
Mentan Susah Tidur Karena Ekspor dan Impor
Mentan Amran Sulaiman ketika di CV Hasil Tani Sejahtera (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Gresik: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengaku permasalahan pada kinerja ekspor dan impor membuat dirinya sulit untuk tidur. Sebab, dua permasalahan ini memang sedang hangat diperbincangkan di sektor komoditas.

"Ada yang mau ekspor aku susah tidur karena belum sempat melihat langsung. Masalah impor juga susah tidur," ujar Mentan Amran, saat memberikan paparan, di Pabrik CV Hasil Tani Sejahtera, Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur, Rabu (30/9/2015).

Namun, dirinya mengaku senang lantaran saat ini kacang hijau bisa di ekspor di saat perekonomian Indonesia sedang melemah. Kemudian yang membuat dirinya senang yakni sekarang ini peningkatan produksi kacang hijau bebarengan dengan peningkatan produksi padi yang biasanya jarang terjadi.

"Komoditas strategis kedelai, kacang hijau meningkat. Ini biasanya tidak pernah bareng dengan peningkatan padi, namun saat ini sama-sama sedang meningkat," uungkap Amran.

Untuk itu, dirinya ingin mendorong lagi pertumbuhan ekspor komoditas, mengingat bawang merah sudah melakukan ekspor terlebih dahulu padahal sebelumnya diminta impor. Kemudian langkah ekspor juga sudah diikuti oleh jagung meskipun dirinya masih berjuang untuk mengendalikan impor jagung.

"Bawang sudah ekspor, jagung sudah ekspor, kemudian ekspor kacang hijau secara nasional mencapai 60 ribu ton. Ini menggembirakan," pungkasnya.


(ABD)

Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang

Kondisi Novanto Sehat dan Bisa Hadiri Sidang

1 hour Ago

Lembaga Antirasuah memastikan sidang perkara korupsi KTP-el digelar hari ini.

BERITA LAINNYA