Manchester United vs Wolfsburg

MU Kalahkan Wolfsburg, Persaingan di Grup B Semakin Sengit

Patrick Pinaria    •    Kamis, 01 Oct 2015 03:46 WIB
liga champions
MU Kalahkan Wolfsburg, Persaingan di Grup B Semakin Sengit
Chris Smalling mencetak gol ke gawang Wolfsburg (Foto: AP/Jon Super)

Merotvnews.com, Manchester: Manchester United bersusah payah meriah kemenangan saat menghadapi Wolfsburg pada matchday 2 Grup B Liga Champions, Kamis 1 Oktober. Meski tampil dominan, Red Devils hanya mampu meraih kemenangan atas Die Wolfe dengan skor tipis 2-1.

Statistik mencatat, MU mampu mencetak penguasaan bola sebanyak 54 persen berbanding 46 persen dari Wolfsburg pada laga ini. Jumlah peluang yang dibuat MU juga lebih banyak dari Wolfsburg. 

Namun, penampilan Wolfsburg juga patut diapresiasi walau minim peluang. Klub besutan Dieter Hecking bahkan mampu unggul lebih dulu lewat sepakan Daniel Cagliuri pada menit keempat. Berawal dari kerja sama apik antara lini penyerangan Wolfsburg, Max Kruse dengan tenang melepaskan umpan kepada Caligiuri. Caligiuri yang berdiri bebas di dalam kotak penalti akhirnya melepaskan sepakan yang gagal dibendung kiper MU, David de Gea.

MU perlahan bangkit dengan menciptakan sejumlah peluang dari Anthony Martial dan Wayne Rooney usai tertinggal. Namun, upaya kedua pemain ini tak ada yang membuahkan gol hingga laga memasuki menit ke-20.

Serangan MU semakin berbahaya mendekati akhir babak pertama. Situasi ini membuat lini pertahanan tim tamu panik. Caligiuri akhirnya melakukan kesalahan dengan menyentuh bola menggunakan tangan di dalam kotak penalti pada menit ke-33. Wasit yang melihat kesalahan itu langsung menunjuk titik putih.

Mata yang maju sebagai eksekutor berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Ia melepaskan tendangan ke sudut kiri bawah tanpa bisa dihalau oleh kiper Wolfsburg.

Hingga babak pertama usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 1-1 bertahan.

MU mencoba tampil lebih agresif pada interval kedua. Manajer MU, Louis van Gaal, memutuskan untuk memasukkan Ashley Young untuk menggantikan Antonio Valencia yang mengalami cedera pada babak pertama.

Perubahan itu memberikan efek cukup signifikan. Buktinya, MU mampu mencetak gol kedua pada menit ke-53 lewat aksi Chris Smalling. Memanfaatkan umpan backheel  Juan Mata, bek asal Inggris itu kemudian menceploskan bola ke gawang tanpa mampu bisa ditahan kiper Wolfsburg.

Wolfsburg mencoba membalas. Mereka menciptakan peluang emas dari Caligiuri pada menit ke-55. Namun, sepakannya masih bisa ditepis David De Gea.

Wolfsburg berupaya meningkatkan agresivitas dengan memasukkan Andre Schuerrle dan Nicklas Bendtner pada menit ke-70. 

Masuknya dua pemain ini terbukti mampu menambah daya gedor Wolfsburg. Bahkan, Schuerrle nyaris  mencetak gol andai saja sepakannya pada menit ke-70 tidak menyamping dari gawang MU.

Beruntung bagi MU. Usaha keras Wolfsburg tak berbuah hasil maksimal hingga laga usai. Skor 2-1 tak berubah sehingga memberikan kemenangan pertama untuk MU di Liga Champions musim ini.

Meski demikian, tambahan tiga poin tak membuat posisi MU beranjak dari posisi ketiga klasemen sementara Grup B. Namun, kemenangan atas Wolfsburg terasa penting bagi Red Devils karena membuat persaingan di Grup B jadi lebih sengit. Pasalnya, keempat klub di grup B juga sama-sama mengoleksi tiga poin setelah CSKA Moskow berhasil meraih kemenangan atas PSV Eindhoven pada match day 2.

Berikut susunan pemain kedua tim:

Manchester United: De Gea; Valencia, Smalling, Blind, Darmian; Schneiderlin, Schweinsteiger; Mata, Rooney, Memphis; Martial.

Wolfsburg: Benaglio; Trasch, Naldo, Dante, Rodriguez; Guilavogui, Arnold; Caligiuri, Kruse, Draxler; Dost.


(HIL)