Laporan dari Amerika Serikat

Presiden Abbas: Ini Adalah Hari Bendera Palestina

Fajar Nugraha    •    Kamis, 01 Oct 2015 04:35 WIB
sidang majelis umum pbb 2015
Presiden Abbas: Ini Adalah Hari Bendera Palestina
Bendera Palestina yang berkibar di markas PBB (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, New York: Presiden Palestina Mahmoud Abbas menghadiri secara langsung pengibaran bendera Palestina di markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kepada seluruh rakyat Palestina di manapun, di hari ini pada 30 September akan diingat selalu sebagai hari bendera Palestina," ujar Presiden Mahmoud Abbas, di Rose Garden, Kantor PBB, New York, Rabu (30/9/2015).

"Dalam kesempatan ini saya berterima kasih kepada Sekjen, Presiden General Assembly serta semua pihak yang telah memberikan bantuan. Terima kasih telah mendukung kami," lanjutnya.

Pengibaran ini merupakan buah disepakatinya resolusi pengibaran bendera Palestina. Resolusi itu berhasil diloloskan pada 10 september 2015, melalui forum Sidang Umum PBB.

Berdasarkan pemungutan suara, 119 negara mendukung resolusi pengibaran bendera Palestina. Sementara 45 lainnya memutuskan abstain.

Sementara delapan negara menolak resolusi ini termasuk Amerika Serikat dan Israel. Selain kedua negara itu, mereka yang menolak adalah Kanada, Marshall Island, Republik Federasi Mikronesia, Palau, Tuvalu dan Uganda.

AS dan Israel menentang keras resolusi ini. Bagi mereka, pengibaran bendera Palestina di markas PBB tidak akan menyelesaikan masalah yang ada.

Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Hasan Kleib menyebutkan, ini adalah pertama kali sebuah negara observer yang benderanya dikibarkan di markas PBB.

Namun menurut Hasan, pengibaran bendera di Markas PBB tidak serta membuat sebagai anggota PBB.


(FJR)