Hari Ini Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Desi Angriani    •    Kamis, 01 Oct 2015 06:29 WIB
presiden jokowi
Hari Ini Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila
Presiden Jokowi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur di upacara Peringatan Kesaktian Pancasila, pada 1 Oktober 2015, hari ini. Upacara diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, pukul 08.00 WIB.

"Presiden besok akan hadir di acara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, beliau sebagai inspektur upacara," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Ini adalah pertama bagi Jokowi sejak dilantik sebagai kepala negara. Pramono mengatakan, selain Presiden para menteri kabinet kerja, pimpinan MPR/DPR dan kepala lembaga negara turut hadir dalam upacara yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober itu.

"Dan sekaligus seluruh menteri diminta untuk hadir," ungkap mantan Ketua DPR Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai komandan upacara Kapolresta Depok Polda Metro Kombes Dwiyono. Sedangkan Ketua MPR Zulkifli Hasan berperan sebagai pembaca teks Pancasila.

Adapun pembacaan naskah pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Ketua DPD Irman Gusman. Pembacaan dan penandatanganan ikrar oleh Ketua DPR Setya Novanto, dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Lukman Hakim syaifuddin.


(MEL)