Krisis Kandidat, Presiden Ini akan Jabat Menteri Perminyakan

Willy Haryono    •    Kamis, 01 Oct 2015 08:10 WIB
politik nigeria
Krisis Kandidat, Presiden Ini akan Jabat Menteri Perminyakan
Presiden Nigeria Muhammadu Buhari. (Foto: AFP / PIUS UTOMI EKPEI)

Metrotvnews.com, Lagos: Presiden Nigeria Muhammad Buhari menyerahkan sederet nama untuk menjadi menteri di kabinet barunya, Rabu (30/9/2015), empat bulan sejak berkuasa. 

Salah satu nama dalam daftar adalah dirinya sendiri, yang akan menjabat menteri di sektor terpenting Nigeria: perminyakan. Selasa kemarin, Buhari menyatakan dirinya akan menjadi menteri sumber daya minyak. 

Menurut juru bicara pemerintah Femi Adesina kepada AFP, seorang menteri junior akan mengurusi sektor perminyakan secara teknis dan melaporkan langsung ke Buhari. 

Buhari, 72, telah menghentikan kebocoran di sektor perminyakan negara dalam upaya memperbaiki perekonomian negara. Sektor perminyakan menyumbang sekitar 90 persen pendapatan valuta asing Nigeria. 

Daftar kandidat telah diserahkan ke gedung Majelis Nasional di Abuja dan hasilnya akan disepakati parlemen pekan mendatang. 

Sang Presiden memiliki sejumlah pengalaman di industri minyak. Pada 1977, dia adalah menteri perminyakan di bawah Jenderal Olusegun Obasanjo dan membantu mendirikan NNPC. 

Ia kemudian dipercaya memimpin Petroleum Trust Fund di bawah kekuasaan Jenderal Sani Abacha di era 90-an.


(WIL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

2 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA